Delapan Perusahaan Asing Tertarik IPO di BEI

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
21 February 2018 12:07
Delapan Perusahaan Asing Tertarik IPO di BEI
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) sambut delapan perusahaan multinasional untuk mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia. Kedelapan perusahaan merupakan perusahaan milik asing yang memiliki operasional di Indonesia dengan pangsa pasar yang cukup besar, dan sudah mencatatkan saham di bursa negara asal.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan delapan perusahaan ini sudah mendatangi Bursa dan menyampaikan ketertarikan untuk melakukan proses penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). "Beberapa perusahaan sudah datang ke kita di BEI. Harapan kita secepatnya, ada proses di internal perusahaan, tapi makan waktu," kata Samsul di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (21/2).

Samsul membeberkan, kemarin Selasa (20/2) Direktur Utama BEI Tito Sulistio sudah bertemu dengan Presiden selain untuk melaporkan perkembangan pasar modal. Bursa juga melaporkan perkembangan rencana perusahaan milik asing ini untuk mencatatkan saham di pasar modal Indonesia.


Terkait IPO perusahaan asing, lanjut Samsul, belum bisa dirinci skema IPO yang akan dijalankan oleh delapan perusahaan asing tersebut. Beberapa skema yang bisa dipilih antara lain adalah listing melalui Indonesia Depository Receipt (IDR) ataupun mencatatkan saham anak usahanya yang berada di Indonesia.

Sebagian besar perusahaan ini bergerak di bisnis pertambangan, perkebunan dan ritel. Sementara itu, hingga saat ibu bursa menyebutkan terdapat 52 perusahaan asing yang masih ditunggu untuk bisa melantai di pasar modal Indonesia. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading