Sritex Group Akuisisi Dua Perusahaan Senilai Total Rp 1,14 T

Market - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
09 February 2018 10:57
Sritex mengakuisisi 100% saham di dua produsen benang pintal.
Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau yang dikenal dengan Sritex, beserta perusahaan terafiliasi yakni PT Sinar Pantja Djaja, mengakuisisi 100% saham di dua produsen benang pintal yakni PT Primayudha Mandirijaya dan PT Bitratex Industries.

Nilai transaksi jual beli saham itu mencapai US$ 85 juta atau setara dengan Rp 1,14 triliun. 

Melalui keterbukaan informasi publik di Bursa Efek Indonesia, dijelaskan Sritex dan Primayudha Mandirijaya serta Bitratex Industries menyepakati pengalihan saham dilakukan dalam dua tahap. 

Tahap I telah dilakukan perjanjian jual beli saham pada 7 Februari 2018 dengan nilai transaksi US$ 69,69 juta untuk pengalihan 82% saham masing-masing dari Primayudha Mandirijaya dan Bitratex Industries ke Sritex Group. 

Tahap II disepakati pengalihan 18% saham dari masing-masing Primayudha Mandirijaya dan Bitratex Industries ke Sritex Group dengan nilai US$ 15,30 juta.


Pembayaran pada tahap II ini dilakukan dengan cara angsuran, di mana angsuran pertama dibayarkan pada 20 Maret 2018 senilai US$ 7,3 juta dan angsuran ke-dua ditentukan kemudian. 

Adapun saham di Primayudha Mandirijaya yang diakuisisi oleh Sritex adalah milik THG Pte. Ltd., Tolaram Industries Pte. Ltd., Khrisna Kumar Agrawal, Manmeet Singh dan Arvind Kumar Shankerlal Ladha. 

Sementara itu, saham di Bitratex Industries yang diambil Sritex milik One Soverein Investments Pte Ltd, Thakral Investments Limited, Asean Interests Limited, Sohans Enterprise (H) Limited, Sohans Enterprise (H) Limited, Sohans Emporium Pte. Ltd., Arvin Kumar Shankerlal Ladha dan Krishna Kumar Agrawal. 

Sritex sendiri merupakan perusahaan tekstil yang berbasis di Solo, didirikan oleh Keluarga Lukminto sejak 1966. Saat ini, Iwan Setiawan Lukminto duduk sebagai Presiden Director Sritex dan Iwan Kurniawan Lukminto di posisi Vice President Director. 

Produk perseroan merambah pasar ekspor ke lima benua yakni Amerika, Eropa, Afrika, Timur Tengah dan Asia Pasifik.  

(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading