4 Tips Menabung Ala Orang Jepang, Duit Cepat Ngumpul

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
25 January 2023 17:45
Ilustrasi Menabung (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash) Foto: Ilustrasi Menabung (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menabung adalah kebiasaan yang perlu dilatih. Sayangnya, meski sudah tahu teorinya, banyak orang sulit untuk mempraktekkan kebiasaan ini. 

Kalau Anda termasuk golongan yang sulit menabung, Anda mungkin tertarik mengikuti metode menabung ala orang Jepang. 

Kakeibo adalah metode pengelolaan keuangan yang cukup terkenal dan banyak dilakukan para ibu rumah tangga di Jepang. Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani.

Pada 2017, metode ini kembali dipopulerkan melalui sebuah buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba yang berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money.

4 Cara menabung ala orang Jepang

"Kakeibo sendiri memiliki arti catatan keuangan rumah tangga, artinya, teknik menabung kakeibo ini mengutamakan pencatatan dan perencanaan keuangan dalam lingkup rumah tangga," ujar Dyah Lestari Agustini, perencana keuangan dari Finante.id.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mengelola keuangan menggunakan metode kakeibo:

1. Mencatat seluruh pemasukan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencatat seluruh pemasukan setiap awal bulan, baik dari pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan.

Selengkapnya di >>> sini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

30 Bayi di Jepang Daftar Lowongan Kerja Ini, Gajinya Berapa?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading