Umur 3 Tahun, Bayi Jenius Ini Masuk Golongan Elit IQ Tinggi

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
25 January 2023 09:05
Balita bernama Theodore Hobbs atau Teddy asal Inggris disebut-sebut sebagai bayi ajaib karena sudah lancar membaca pada usia 2 tahun! Yang lebih mengejutkan, tak ada yang mengajarinya membaca. (Tangkapan Layar Youtube Milkomida News) Foto: Balita bernama Theodore Hobbs atau Teddy asal Inggris disebut-sebut sebagai bayi ajaib karena sudah lancar membaca pada usia 2 tahun! Yang lebih mengejutkan, tak ada yang mengajarinya membaca. (Tangkapan Layar Youtube Milkomida News)

Jakarta, CNBC Indonesia - Balita bernama Theodore Hobbs baru saja diterima sebagai anggota Mensa, sebuah organisasi internasional elit untuk orang-orang dengan IQ tertinggi di dunia. Kejeniusannya membuat bayi yang biasa disebut Teddy ini menjadi anggota termuda Mensa saat usianya baru 3 tahun. 

Sang ibu, Beth Hobbs, mulanya tak tahu bahwa dia punya 'bayi ajaib'. Beth baru menyadari bahwa sang putra punya kecerdasan jauh di atas rata-rata saat petugas kesehatan memeriksa Teddy sebelum dia masuk sekolah. 

Skor IQ Teddy, menurut laporan Times, berada pada persentil ke 99,5 untuk usianya. Meski demikian, bocah itu tidak tahu kalau dirinya jenius. 

Teddy Hobbs, yang belajar membaca sendiri saat usia 2 tahun, menjadi anggota termuda Mensa Inggris. (Tangkapan layar via BBC)Foto: Teddy Hobbs, yang lancar membaca sendiri saat usia 2 tahun, menjadi anggota termuda Mensa Inggris. (Tangkapan layar via BBC)

Mensa hanya menerima orang yang mendapat skor 2% teratas dalam tes IQ yang diawasi secara ketat.

Teddy mengikuti tes selama empat jam tersebut saat usianya baru 3 tahun 7 bulan. 

"Dia memilih topik baru yang menarik minatnya setiap beberapa bulan sekali. Terkadang tentang angka.... kemudian negara dan peta dan belajar berhitung dalam bahasa yang berbeda," kata ibunya kepada program Today BBC Radio 4.

Lancar membaca sejak usia 2 tahun

Mengutip BBC, Teddy sudah lancar membaca pada usia 26 bulan. Yang mencengangkan, ia belajar sendiri cara membaca hanya dari menonton acara anak-anak di televisi dan menirukan bunyi huruf.

Beth mengatakan, awalnya dia mengira bahwa Teddy hanya membuat suara aneh saat bermain di tabletnya. Ternyata dia sebenarnya sedang menghitung angka dalam bahasa Mandarin. 

"Ibu, aku sedang menghitung dalam bahasa Mandarin," kata Beth, menirukan ucapan Teddy.

Saat ini, si 'bocah ajaib' sudah bisa menghitung angka sampai 100 dalam 6 bahasa asing.

Setelah mengetahui bahwa putranya adalah seorang jenius, Beth berharap Teddy bisa menikmati masa kecil seperti anak-anak sebayanya.

"Dia tahu bahwa teman-temannya belum bisa membaca dan dia tidak mengerti kenapa itu terjadi. Menurut kami, sangat penting untuk membuat Teddy tetap membumi," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Orang Ber-IQ Tinggi Punya 6 Kebiasaan Unik Ini, Anda Juga?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading