Asik! Jepang Buka Bebas Visa Lagi Buat Turis Mulai 11 Oktober

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 September 2022 15:30
Kimono-clad women wearing face masks to protect against the spread of the coronavirus pose for a selfie while visiting a Shinto Shrine as they celebrate Coming-of-Age, turning 20 years old, the traditional age of adulthood in Japan, Monday, Jan. 11, 2021, in Tokyo. Most of the city hosted ceremonies were cancelled due to a state of emergency. (AP Photo/Kiichiro Sato) Foto: Sejumlah warga menggunakan Kimono di Tokyo, Jepang. (AP Photo/Kiichiro Sato)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 telah memukul industri pariwisata di berbagai negara, termasuk Jepang. Namun, setelah kasus Covid-19 mulai menurun dan terkendali, Negeri Sakura itu kembali akan membuka pintu wisatanya untuk pelancong dunia.

Jepang akan kembali membuka perbatasan dan mengizinkan turis masuk dengan bebas visa. Ini juga berlaku bagi turis asing mulai Oktober, menurut cuitan dari Taro Kono, Menteri Urusan Digital Jepang.

"Akhirnya, Jepang akan membuka kembali perbatasan. Perjalanan bebas visa, tidak ada batasan jumlah turis harian, turis individu bisa masuk Jepang dengan gratis," demikian bunyi tweet itu.


Program bebas visa mengalami penangguhan pada Maret 2020 akibat pandemi. Setelah hampir tiga tahun ditangguhkan, akhirnya Jepang kembali memberikan bebas visa yang akan dimulai pada 11 Oktober 2022 mendatang.

"Kami akan menghapus batas atas jumlah pendatang ke Jepang, mencabut larangan perjalanan individu dan mencabut larangan perjalanan tanpa visa," kata Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida saat konferensi pers di New York City seperti dikutip CNN International.

Lebih lanjut, Kishida juga mengatakan bahwa Jepang juga berencana meluncurkan kampanye untuk menawarkan diskon perjalanan domestik dan diskon event kepada penduduk Jepang. Hal ini diharapkan dapat mendongkrak sektor hotel, perjalanan dan hiburan yang mengalami pukulan hebat selama pandemi.

Langkah ini menandai perubahan kebijakan besar setelah hampir 2,5 tahun pembatasan ketat Covid-19. Hingga saat ini, wisatawan masih membutuhkan visa khusus untuk masuk ke Jepang. Turis hanya bisa masuk Jepang melalui paket wisata atau tur, dengan batas harian ditetapkan 50 ribu wisatawan di tengah pandemi COVID-19.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jakarta Sepi, 5 Tempat Wisata Ini Bisa Jadi Referensi Liburan


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading