4 Hewan Ini Punya IQ Tinggi Setara Manusia, Apa Saja?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 September 2022 10:50
Seekor lumba-lumba hidung botol muncul pada permukaan Florida pada foto 2009. (REUTERS / USFW) Foto: Seekor lumba-lumba hidung botol muncul pada permukaan Florida pada foto 2009. (REUTERS / USFW)

Jakarta, CNBC Indonesia - Manusia dipercaya sebagai spesies paling pintar di muka bumi. Meski demikian, sejumlah ahli menilai bahwa hal itu tidak berarti bahwa hewan tidak pintar. Hanya saja, kepintaran mereka berbeda. 

Faktanya, ada beberapa hewan yang memiliki IQ tinggi, bahkan dinilai bisa setara dengan manusia. Jika dilatih, hewan-hewan ini mampu melakukan banyak hal.

Berikut adalah beberapa hewan yang memiliki IQ tinggi setara manusia:


1. Lumba-Lumba

Ilustrasi Lumba - lumba (AP/CHUCK BECKLEY)Foto: Ilustrasi Lumba - lumba (AP/CHUCK BECKLEY)
Ilustrasi Lumba - lumba (AP/CHUCK BECKLEY)

Lumba-lumba adalah salah satu hewan yang paling ramah, mereka bahkan dapat mengenali diri mereka sendiri di cermin dan menunjukkan seberapa cerdas mereka.

Lumba-lumba hidung botol dinilai memiliki kesadaran sosial yang sangat baik di alam liar. Mereka akan melindungi anggota kelompoknya yang mengalami cedera atau sakit, bahkan membantunya untuk berenang ke atas permukaan air untuk bernafas jika diperlukan.

Tidak hanya itu, terdapat sebuah laporan yang menyebutkan bahwa mereka dapat melindungi manusia dari serangan hiu dengan berenang mengitari orang tersebut, atau berenang dengan cepat ke arah hiu untuk mengusirnya.

Lumba-lumba pun juga dikenal sering membantu nelayan untuk menangkap ikan. Mereka akan menggiring ikan-ikan ke arah tepi pantai, lalu memberikan sinyal kepada nelayan untuk mengangkat jaringnya.

2. Gurita

Dari seluruh hewan invertebrata, gurita memiliki otak paling besar dengan 130 juta neuron. Namun, 60% dari neuron gurita tidak berada di otak, melainkan di lengannya, yang juga dapat tumbuh kembali setelah terpotong.

Ketika gurita dalam bahaya, mereka melepaskan warna hitam yang aneh dan juga mengubah bentuk tubuh mereka. Ada hampir 300 spesies Octopus yang diketahui hingga sekarang.

Dalam sejumlah percobaan, gurita berhasil memecahkan labirin dan menyelesaikan tugas-tugas rumit untuk mendapatkan hadiah makanan. Mereka juga mahir masuk dan keluar dari wadah yang tertutup.

3. Gagak

Ukuran dari otak burung gagak hampir sama dengan ibu jari manusia, relatif cukup besar jika dibandingkan dengan ukuran badannya sendiri. Hal ini membuat kecerdasan mereka dianggap setara dengan primata.

Para peneliti telah menemukan bahwa gagak dapat mengenali dan mengingat wajah manusia. Selain itu, mereka juga dapat mempersepsikan apakah wajah tersebut bersahabat atau tidak.

4. Simpanse

In this photo taken on Tuesday, Aug. 18, 2015, a caretaker feeds chimpanzees on the six mangrove outcroppings that make up Chimpanzee Island, about 50 kilometers (31 miles) southeast of Liberia’s capital, Monrovia. These chimpanzees are among 66 that were used for research for years. The New York Blood Center did tests on the chimps for Hepatitis B and other diseases in Liberia in the 1970s, stopping about a decade ago. In March the center stopped payments to care for the animals, according to the Washington-based Humane Society, which is now helping to support the chimpanzees and looking for a long-term solution. (AP Photo/ Abbas Dulleh)Foto: Simpanse di Liberia pada 18 Agustus 2015 (AP Photo/ Abbas Dulleh)

DNA simpanse memiliki kecocokan hingga angka 99% dengan manusia. Fakta ini menjadikan simpanse sebagai makhluk hidup dengan kekerabatan paling dekat dengan manusia.

Hidup secara berkelompok membuat simpanse dapat beradaptasi di lingkungan yang berbeda-beda, serta mampu mempelajari bahasa isyarat. Mereka pun dapat berjalan dengan dua kaki jika mereka ingin.

Meskipun tergolong vegetarian, simpanse dapat memakan daging, telur, hingga serangga dalam kondisi tertentu. Mereka juga dapat membuat dan membuat alat bantu, seperti batu untuk membuka kacang-kacangan dan daun untuk mengambil air.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

10 Orang dengan IQ Tertinggi di Dunia, Ada Nama BJ Habibie?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading