Sperma Kuda Jenis Ini Bisa Tembus Rp70 M, Apa Istimewanya?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
15 June 2022 15:50
A jockey and a horse during a race to commemorate the 79th Anniversary of the Hipódromo de Las Américas in Mexico City, where several thoroughbred horse races and a giant 400 kilos cake were celebrated. The event was attended by singers Alex and Celia Lora, Flor Amargo, Cadetes de Linares, among others, who performed several melodies in front of the visiting public. (Photo by Gerardo Vieyra/NurPhoto via Getty Images) Foto: Ilustrasi Kuda Pacu (Photo by Gerardo Vieyra/NurPhoto via Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sperma kuda merupakan salah satu cairan paling mahal di dunia. Satu galon berisi sperma kuda bisa tembus US$4,7 juta atau hampir Rp70 miliar.

Namun, tentu saja, tidak semua sperma kudu berharga fantastis seperti itu. Ini adalah air mani dari kuda pacu jantan unggulan yang memenangkan sejumlah penghargaan balapan internasional. Umumnya, sperma kuda berharga miliaran adalah kuda jenis Thoroughbred.

Mengutip Business Insider, sekali ejakulasi, seekor kuda bisa menghasilkan 80 ml air mani. Setelah dikumpulkan, air mani kuda lalu dipisahkan ke dalam tabung kecil yang mirip seperti sedotan, masing-masing berisi 150 hingga 200 juta sel sperma. Satu sedotan kecil berisi air mani kuda unggulan ini bisa dijual dengan harga puluhan juta rupiah.

Dalam dunia peternakan kuda, genetika adalah segalanya. Investor kaya bersedia membayar harga tinggi untuk air mani kuda pemegang medali internasional, berharap bisa menghasilkan anak kuda yang mendatangkan keuntungan yang besar. 

Untuk kuda peraih medali emas yang diberi nama Big Star, satu sedotan kecil berisi air maninya dijual seharga US$1.200 atau sekitar Rp17 juta.

Kuda Thoroughbred digunakan terutama untuk balap, tetapi juga dibiakkan untuk disiplin berkuda lainnya seperti show jumping, mixed training, polo, dan fox hunting. Jenis kuda ini juga biasanya disilangkan untuk menciptakan breed baru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Bensin Mahal, Warga Jerman Berangkat Kerja Naik Kuda


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading