Pemakaman Ratu Elizabeth II

Sejarah di Balik Kalung Mutiara yang Dipakai Kate Middleton

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 September 2022 19:55
Catherine, Putri Wales dalam Prosesi Upacara, setelah Pemakaman Negara Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey pada 19 September 2022 di London, Inggris. (Getty Images/WPA Pool) Foto: Catherine, Putri Wales dalam Prosesi Upacara, setelah Pemakaman Negara Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey pada 19 September 2022 di London, Inggris. (Getty Images/WPA Pool)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penampilan Princess of Wales hadir atau Kate Middleton ketika menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II menjadi sorotan. Kate yang mengenakan busana serba hitam begitu menarik perhatian karena mengenakan perhiasan yang tampak familiar.

Saat tiba di Westminster Abbey, Kate terlihat mengenakan kalung choker dengan empat untaian mutiara yang dihiasai berlian serta anting mutiara dari Bahrain. Kedua perhiasan ini merupakan koleksi pribadi mendiang Ratu Elizabeth II.

Menurut Leslie Field, penulis The Queen's Jewels, kalung ini berikan kepada Ratu Elizabeth dari Jepang pada 1970-an. Perhiasan tersebut beberapa kali dikenakan Sang Ratu, termasuk saat kunjungan kenegaraan ke Bangladesh pada 1983.


Catherine, Putri Wales dalam Prosesi Upacara, setelah Pemakaman Negara Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey pada 19 September 2022 di London, Inggris. (Getty Images/WPA Pool)Foto: Catherine, Putri Wales dalam Prosesi Upacara, setelah Pemakaman Negara Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey pada 19 September 2022 di London, Inggris. (Getty Images/WPA Pool)
Catherine, Putri Wales dalam Prosesi Upacara, setelah Pemakaman Negara Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey pada 19 September 2022 di London, Inggris. (Getty Images/WPA Pool)

Bukan hanya kalung, anting mutiara yang dikenakan Kate juga memiliki nilai sejarah. Itu adalah anting yang diberikan Pangeran Philip kepada Ratu Elizabeth di hari pernikahan mereka pada 1947. Anting tersebut menampilkan berlian besar ditambah berlian yang lebih kecil di bawahnya. 

Sementara itu, pada November 1982, Ratu Elizabeth pernah meminjamkan kalung mutiara itu kepada mendiang Putri Diana, yang seharusnya menjadi ibu mertua Kate Middleton. Putri Diana mengenakan kalung itu dalam beberapa penampilan publik kala ia menjadi Princess of Wales, termasuk saat kunjungan kenegaraan ke Belanda.

Diana mengenakan kalung empat untai mutiara untuk perjamuan di Istana Hampton Court, dikombinasikan dengan bros safir besar yang diberikan kepadanya oleh Ibu Suri sebagai hadiah pernikahan.

Bros itu kemudian diubah menjadi kalung mutiara tujuh untai yang terkenal. Sekarang, hampir 40 tahun kemudian, kalung itu dipakai oleh Kate Middleton, yang baru saja diangkat menjadi Princess of Wales.

Sebelumnya, Kate pertama kali menggunakan kalung tersebut pada perayaan ulang tahun ke-70 Ratu dan Pangeran Philip pada 2017 lalu. Kalung itu dikenakan kembali oleh Kate pada 2021 lalu saat hari pemakaman Pangeran Philip.

Mengingat latar belakang sentimental di balik kalung itu, tidak heran jika Kate memakainya lagi untuk menghormati mendiang Sang Ratu. 



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Pastor Palsu Terobos Penjagaan di Kastil Ratu Inggris


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading