Istana Ungkap Foto Terakhir Ratu Elizabeth II Jelang Wafat

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 September 2022 12:10
Ratu Elizabeth II (Tangkapan layar instagram @theroyalfamily) Foto: Ratu Elizabeth II (Tangkapan layar instagram @theroyalfamily)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebelum meninggalnya Ratu Elizabeth II, Kerajaan Inggris telah merilis foto terakhir Sang Ratu pada Minggu (18/9/2022). Foto tersebut dibagikan 10 hari setelah Ratu Elizabeth II menutup usia di umur 96 tahun.

Dalam foto resmi terakhirnya, Ratu Elizabeth II terlihat memakai gaun berwarna biru muda dan tersenyum lebar ke arah kamera. Dia juga memakai kalung mutiara tiga untai yang telah menjadi ciri khasnya dengan anting-anting mutiara yang serasi.

Pada gaun Ratu Elizabeth II disematkan pula bros aquamarine, yang merupakan hadiah ulang tahun dari sang ayah Raja George saat dia genap berusia 18 tahun.


"Menjelang pemakaman Yang Mulia Ratu, sebuah foto baru telah dirilis. Foto itu diambil untuk menandai Platinum Jubilee Yang Mulia-Ratu Inggris pertama yang mencapai tonggak sejarah ini," tulis Keluarga Kerajaan lewat akun Twitter @RoyalFamily.

Ratu Elizabeth II (Tangkapan layar instagram @theroyalfamily)Foto: Ratu Elizabeth II (Tangkapan layar instagram @theroyalfamily)
Ratu Elizabeth II (Tangkapan layar instagram @theroyalfamily)

 

Foto yang mengharukan tersebut dirilis beberapa jam setelah acara mengheningkan cipta selama dua menit, yang diadakan serentak di Inggris pada Senin (19/9) siang untuk mengingat Ratu.

Ratu Elizabeth II sendiri telah dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI di Kastil Windsor pada Senin (19/9/2022), atau 10 hari sejak Sang Ratu menghebuskan nafas terakhir. 

Dalam sebuah pernyataan resmi, Kerajaan Inggris menyebut bahwa sang Ratu 'meninggal dunia dengan tenang' pada Kamis sore di Kastil Balmoral, Skotlandia. Tak dijelaskan kondisi apa yang menyebabkan kematian Ratu Elizabeth II.

Raja Charles III, Camilla, Permaisuri dan anggota keluarga Kerajaan mengikuti di belakang peti mati Ratu Elizabeth II. (AP/Danny Lawson)Foto: Raja Charles III, Camilla, Permaisuri dan anggota keluarga Kerajaan mengikuti di belakang peti mati Ratu Elizabeth II. (AP/Danny Lawson)

Namun demikian, beberapa ahli mencoba meneliti berbagai kemungkinan. Dilihat dari Indeks Kerentanan NHS Inggris, kematian Ratu Elizabeth II masuk dalam kasus khas. Indeks kerentanan digunakan untuk mengecek sejumlah gejala seperti peningkatan imobilitas, insiden jatuh, dan penurunan berat badan pada orang berusia 65 tahun ke atas.

"[Kerentaan menggambarkan] bagaimana tubuh kita secara bertahap kehilangan cadangan bawaannya, membuat kita rentan terhadap perubahan kesehatan yang dramatis dan tiba-tiba yang dipicu oleh peristiwa yang tampaknya kecil seperti infeksi kecil atau perubahan dalam pengobatan atau lingkungan," jelas NHS.

Berdasar tes Prisma-7, Ratu memenuhi lima dari tujuh kriteria yang mengklasifikasikan dirinya sebagai renta. Kriteria ini termasuk usia di atas 85 tahun, punya masalah kesehatan berkelanjutan, butuh bantuan rutin, absen dari aktivitas, dan menggunakan tongkat.

Para ahli medis menyebut kondisi Ratu bisa masuk dalam kasus sindrom geriatri. Sindrom geriatri atau campuran gejala kerentaan bisa jadi penyebab kematian Ratu Elizabeth II. Sindrom geriatri sendiri merupakan sekumpulan masalah kesehatan yang sering ditemukan pada orang lanjut usia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar Tamu di Pemakaman Ratu Elizabeth Hari Ini, Ada Jokowi?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading