WHO 'Kasih Jempol' ke Aktor Korea Lee Seung-Gi, Karena Apa?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 September 2022 14:20
Lee Seung Gi (AFP via Getty Images/JUNG YEON-JE) Foto: Lee Seung Gi (AFP via Getty Images/JUNG YEON-JE)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktor Korea Selatan Lee Seung-Gi mendapat 'acungan jempol' dari Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus. Ini karena Lee Seung-Gi membawa pesan kesehatan lewat drama barunya "The Law Cafe" yang sedang tayang.

Dalam episode pertama serial dengan genre komedi romantis tersebut, karakter Lee Seung Gi memperingatkan penyewa tentang bahaya asupan garam yang berlebihan. Secara khusus, dia bahkan menyebut nama WHO dan memarahi penyewa dengan mengatakan:

"Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan harian natrium tidak lebih dari 2.000 miligram. Itu sama dengan 5 gram garam dapur, yaitu sekitar satu sendok teh garam."


Setelah pemutaran perdana serial "The Law Cafe," Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus menulis cuitan di Twitter untuk berterima kasih kepada Lee Seung Gi dan stasiun televisi KBS atas pesan tersebut. 

"Terima kasih [dalam bahasa Korea] untuk seruan rekomendasi WHO tentang asupan garam, Lee Seung Gi dan KBS, di dram barumu 'The Law Cafe'! Memang, #LessSalt lebih baik untuk kesehatan kita - tidak lebih dari satu sendok teh per hari."

"The Law Cafe" merupakan serial drama Korea yang mengangkat kisah percintaan dengan nuansa hukum. Serial ini dibintangi oleh Lee Seung-gi dan Lee Se-young. 



Mengapa konsumsi terlalu banyak garam bisa berbahaya?

WHO merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi kurang dari 5 gram (kurang dari satu sendok teh) garam per hari untuk membantu mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung koroner.

Sejumlah penelitian juga mengaitkan konsumsi garam berlebihan dengan risiko kanker perut yang lebih tinggi. 

Sebuah tinjauan yang melibatkan lebih dari 268.000 peserta menunjukkan bahwa mereka yang memiliki asupan garam rata-rata 3 gram per hari mungkin memiliki risiko kanker perut hingga 68% lebih tinggi daripada mereka yang memiliki asupan garam rata-rata 1 gram per hari.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

WHO Buka Suara Soal Kemungkinan Cacar Monyet Jadi Pandemi


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading