Awas Cacar Monyet, Ini Cara Pencegahan Agar Tak Tertular

Lifestyle - hsy, CNBC Indonesia
24 August 2022 09:50
Seorang petugas kesehatan berdiri di depan informasi virus monkeypox di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dekat Jakarta, Indonesia pada 15 Mei 2019. Monkeypox adalah penyakit menular oleh virus monkeypox yang endemik dari sebagian wilayah Tengah dan Afrika Barat yang membuat manusia luka, demam, nyeri otot dan kedinginan. (Getty Images/Anadolu Agency) Foto: Seorang petugas kesehatan berdiri di depan informasi virus monkeypox di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dekat Jakarta, Indonesia pada 15 Mei 2019. Monkeypox adalah penyakit menular oleh virus monkeypox yang endemik dari sebagian wilayah Tengah dan Afrika Barat yang membuat manusia luka, demam, nyeri otot dan kedinginan. (Getty Images/Anadolu Agency)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia telah melaporkan kasus pertama cacar monyet yang teridentifikasi di Jakarta. Penemuan kasus ini membuat banyak masyarakat khawatir mengingat cacar monyet adalah penyakit menular dengan rasio kasus kematian 3-6 persen.

Lalu, bagaimana cara terbaik agar terhindari dari cacar monyet?

Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengeluarkan panduan untuk melindungi diri dari paparan virus monkeypox penyebab cacar monyet. Menurut panduan itu, ada 3 hal utama yang harus dilakukan sebagai berikut:

Tiga langkah mencegah diri dari tertular cacar monyet:

  1. Hindari kontak kulit-ke-kulit yang dekat dengan orang-orang yang memiliki ruam yang terlihat seperti cacar monyet.
    • Jangan menyentuh ruam atau koreng orang yang terkena cacar monyet
    • Jangan mencium, memeluk, berpelukan, atau berhubungan seks dengan penderita cacar monyet.
  2. Hindari kontak dengan benda dan bahan yang digunakan oleh pasien.
    • Jangan gunakan peralatan makan atau cangkir yang sama dengan penderita cacar monyet.
    • Jangan memegang atau menyentuh tempat tidur, handuk, atau pakaian orang yang terkena cacar monyet.
  3. Sering-seringlah mencuci tangan.
    • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah dan setelah menggunakan kamar mandi.

Ketika bepergian ke Afrika Tengah dan Barat, hindari kontak dengan hewan yang dapat menyebarkan virus monkeypox, biasanya hewan pengerat dan primata. Selain itu, hindari juga menyentuh hewan yang sakit atau mati, serta tempat tidur atau bahan lain yang telah mereka sentuh.

Saat ini, cacar monyet telah ditetapkan sebagai kondisi darurat global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dengan ditetapkannya cacar monyet sebagai keadaan darurat, ini artinya WHO sekarang memandang wabah itu sebagai ancaman yang cukup signifikan bagi kesehatan global. Sehingga respons internasional yang terkoordinasi diperlukan untuk mencegah virus menyebar lebih jauh dan berpotensi meningkat menjadi pandemi.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh Cacar Monyet, Ini Cara Lindungi Diri Agar Tak Tertular


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading