9 Tanaman Hias Termahal di Indonesia, Ada yang Seharga Mobil

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 August 2022 15:55
Ilustrassi Penjual Tanaman Hias (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Ilustrassi Penjual Tanaman Hias (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Merawat dan mengoleksi tanaman hias masih menjadi hobi yang digandrungi banyak orang. Tak heran, harga tanaman hias terus meningkat karena banyaknya permintaan. Beberapa situs lelang menunjukkan bahwa banyak pecinta tanaman hias yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi memuaskan hobi.

Half Moon Philodendron Pink Princess (Tangkapan Layar Etsy/alohaplants)Foto: Half Moon Philodendron Pink Princess (Tangkapan Layar Etsy/alohaplants)

Berikut adalah tanaman hias termahal di Indonesia yang harganya tembus seharga mobil, seperti dikutip dari detikcom:

1. Anggrek Hitam Papua

Bagi pecinta tanaman tentu sudah tak asing dengan anggrek hitam Papua. Anggrek Hitam Papua termasuk dalam familia Orchidaceae. Memiliki kelopak bunga berwarna hitam dan elegan, harga pasaran Anggrek Hitam Papua sudah menembus Rp 100 juta ke atas. Harga mahal ini imbas dari langkanya jenis anggrek tersebut.

2. Aglonema

Salah satu tanaman hias termahal di Indonesia adalah Aglonema. Tanaman ini cukup populer saat ini karena memiliki ciri khas tersendiri. Aglonema berdaun merah harganya bisa mencapai Rp 6 juta di pasaran. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies.

3. Monstera Variegata

Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)Foto: Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)
Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)

Monstera Variegata merupakan salah satu tanaman hias yang fenomenal saat ini. Peminatnya pun semakin banyak sehingga di pasaran tembus dari Rp 1,5 hingga Rp 10 jutaan. Tanaman ini memiliki gradasi warna putih pada daunnya.

4. Philodendron Minima

Tanaman ini dikenal juga dengan nama mini monster atau piccolo. Ia sempat laku diburu kolektor global dengan harga US$ 8.150. Tanaman ini mahal karena kelangkaannya.

5. Anggrek Shenzhen Nongke

Berbeda dengan anggrek biasanya, tanaman ini 'diracik' oleh seorang ilmuwan yang mendedikasikan ilmunya untuk membudidayakan tanaman anggrek. Hal ini sukses membuat anggrek ini menjadi yang termahal di dunia, bahkan dibanderol hingga US$ 200 ribu atau sekitar 2,8 miliar rupiah.

6. Philodendron Mamei

Harga per daun dari tanaman ini, menrut Wuri, berkisar Rp 1 juta. Warna perak pada Philodendron Mamei tidak mendominasi dan bentuknya juga sama dengan Philodendron Silver Cloud, berdaun lebar. Sekilas agak susah untuk membedakan Philodendron Mamei dengan Philodendron Silver Cloud.

7. Rothschild's Orchid

Rothschild's Orchid atau anggrek emas Kinabalu ditemukan pada tahun 1987. Dikarenakan hampir punah membuat tanaman ini dibanderol dengan harga tinggi. Harga anggrek emas Kinabalu mencapai Rp 73 juta per tangkai.

8. Monstera Andasonii Variegata Impor Jepang

Tanaman hias Monstera Andasonii Variegata Impor Jepang, harganya menurut Wuri sudah tembus Rp 50 - 60juta. Tanaman ini memiliki lubang alami pada setiap daunnya. Bentuk daunnya lebih oval dan warna daunnya hijau tua.

9. Philodendron Paraiso Verde

Tanaman hias paling mahal di Indonesia selanjutnya adalah Philodendron Paraiso Verde yang lagi naik daun. Harga Philodendron Paraiso Verde dibanderol per daunnya saja dimulai dari Rp 1,5 juta. Semakin besar daunnya tentu harganya akan semakin mahal.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Bawa Masuk ke Rumah, 5 Tanaman Ini Bawa Energi Buruk


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading