Ini Penyebab yang Bikin Kasus Covid-19 RI Mulai Nanjak Lagi

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 June 2022 10:20
Seorang petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 di Rumah Sakit Distrik Sektor 30, pada 8 Juni 2022 di Noida, India. (Hindustan Times via Getty Images/Hindustan Times) Foto: Seorang petugas kesehatan mengambil sampel swab untuk tes Covid-19 di Rumah Sakit Distrik Sektor 30, pada 8 Juni 2022 di Noida, India. (Hindustan Times via Getty Images/Hindustan Times)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir terus merangkak naik. Ternyata hal ini telah diprediksi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Lalu, apa penyebab melonjaknya kasus Covid di Tanah Air?

Menurut Menkes, kenaikan kasus terjadi karena varian baru, bukan akibat tingginya mobilitas masyarakat selama momen Lebaran tahun ini. Namun, kenaikan kasus itu bukan hanya terjadi di Indonesia. Lonjakan kasus serupa juga terjadi di banyak negara dunia.

"Kita lihat setiap kali terjadi lonjakan besar tiap negara, itu bukan karena hari raya keagamaan besar, tapi karena ada varian baru," ujarnya saat konferensi pers PPKM beberapa waktu lalu.


Varian baru yang dimaksud Menkes adalah Omicron BA.4 dan BA.5. Para ahli menemukan bahwa kedua subvarian baru tersebut memiliki pola penyebaran yang sangat cepat. 

Menkes memprediksi, puncak kasus kedua sub-varian itu kemungkinan akan terjadi satu bulan lagi. Artinya pada Juli mendatang.

"Pengamatan kami ini gelombang BA.4, BA.5 itu biasanya puncaknya tercapai satu bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi harusnya di minggu kedua Juli, minggu ketiga Juli, kita akan melihat puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini," kata Budi.

Untuk mengantisipasi puncak kasus Covid, Budi mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi booster. Termasuk juga mengingatkan tetap menjalankan protokol kesehatan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Lengah! Ini Tanda Tubuh Beri Sinyal Terinfeksi Omicron


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading