Awas! Varian Baru Covid Sudah Masuk RI, Jauh Lebih Mematikan?

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
12 June 2022 12:15
Waspada! Ini Gejala Baru Pasien Covid-19 Varian Omicron t(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan menemukan varian virus Covid-19 baru yang masuk ke Indonesia, yakni Subvarian BA.4 dan BA.5. Kasus tersebut ditemukan pada 38 hari setelah Idulfitri 2022.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, mengatakan, ada empat kasus subvarian baru Covid-19 yaitu BA.4 dan BA.5. Masing-masing satu orang dan 3 orang.

"Untuk kasus BA.4 ditemukan pada seorang laki-laki WNI ya berusia 27 tahun," ujar Syahril saat konferensi pers Update Perkembangan Covid-19 di Indonesia Jumat lalu, dikutip Minggu (12/6/2022).


Kondisi klinis satu orang itu, lanjutnya, tidak bergejala dan sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak dua kali.

Sedangkan tiga orang lainnya masuk subvarian BA.5 dan semua laki-laki. Mereka merupakan pelaku perjalanan luar negeri atau PPLN. Ketiganya merupakan delegasi pertemuan The Global Platform for Disaster Risk Reduction di Bali dari 23-28 Mei 2022.

Syahril menerangkan kasus BA.4 diketahui tiba di Bali pada 24 Mei dan dilakukan swab PCR dengan hasil positif. Sedangkan untuk kasus BA.5 tiba di Bali pada 20 Mei di mana dua hari setelahnya ditemukan hasil swab positif.

Virus Ini Mematikan?

Dari apa yang dilaporkan Kementerian Kesehatan bahwa varian baru ini tidak mematikan. Namun cukup cepat menyebar.

"Dari laporan itu disampaikan bahwa transmisi BA.4 maupun BA.5 memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat dibandingkan subvarian Omicron BA.1 dan BA.2," jelas Syahril.

"Kemudian tingkat keparahan dari BA.4 dan BA.5 disampaikan tidak ada indikasi menyebabkan kesakitan lebih parah dibandingkan varian Omicron lainnya," ujar Syahril lagi.

Di Afrika Selatan, Portugal, dan Chili diketahui mengalami kenaikan kasus penularan Covid-19, yang dikaitkan dengan meningkatnya kasus BA.4 dan BA.5.

Menurut Syahril, yang perlu diwaspadai saat ini, adalah immune escape, artinya imunitas seseorang memiliki kemungkinan lolos dari perlindungan kekebalan yang disebabkan oleh infeksi varian Omicron.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Seringan yang Dibayangkan, Varian Omicron Tetap Mematikan


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading