Heboh, Arkeolog Temukan Makam Tua Berisi Ranjang Putri Duyung

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 June 2022 10:50
Penguburan seorang wanita berbaring di ranjang perunggu. Dia hidup sekitar abad pertama SM. (Kredit gambar: (Dok: Areti Chondrogianni-Metoki) Foto: Penguburan seorang wanita berbaring di ranjang perunggu. Dia hidup sekitar abad pertama SM. (Kredit gambar: (Dok: Areti Chondrogianni-Metoki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para arkeolog telah menemukan makam kuno seorang wanita yang terbaring di ranjang perunggu berhiaskan putri duyung dekat kota Kozani di utara Yunani. Diperkirakan makam itu berasal dari abad pertama Sebelum Masehi (SM) dan berusia 2.100 tahun.

Mengutip Live Science, ranjang perunggu yang digunakan wanita tersebut berhiaskan putri duyung dan gambar burung memegang ular di mulutnya, simbol dewa Yunani kuno Apollo. Direktur Ephorate of Antiquities of Kozani Areti Chondrogianni-Metoki mengatakan bahwa bagian kayu dari tempat tidur telah membusuk.

Kepala wanita itu ditutupi dengan daun salam emas, yang kemungkinan merupakan bagian dari karangan bunga. Para arkeolog juga menemukan benang emas di tangan wanita tersebut. 


Para arkeolog kini tengah menganalisis kerangka yang ditemukan untuk mengetahui kondisi wanita tersebut, usia saat meninggal, dan kemungkinan penyebab kematiannya. Namun, mereka menduga bahwa kemungkinan wanita di makam kuno Yunani ini berasal dari keluarga kaya atau malah keturunan kerajaan.

"Kami tidak tahu banyak tentang sejarah daerah ini [selama abad pertama SM]," kata Chondrogianni-Metoki.

Sebagai informasi, ribuan tahun lalu, Kozani berada di dekat kota penting yang disebut Mavropigi (situs yang saat ini menjadi desa), menampung tempat perlindungan yang didedikasikan untuk Apollo.

Saat ini, kerangka dari wanita yang ditemukan para arkeolog disimpan di Museum Arkeologi Aiani di Yunani.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading