9 Kebiasaan Miliuner Dunia, Gak Ada yang Hobi Bergadang

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 June 2022 17:10
Infografis/Gokil!! Dari perusahaan cokelat, warren buffett cuan 8000%/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Membangun kekayaan membutuhkan keputusan cerdas selama bertahun-tahun, baik secara profesional maupun finansial. Namun, menurut seorang perencana keuangan yang mewawancarai ratusan miliuner yang sukses karena usahanya sendiri, menjadi kaya juga berarti melakukan kebiasaan serta gaya hidup tertentu.

Tom Corley, seorang akuntan dan perencana keuangan yang telah menyurvei 233 orang kaya, menemukan kebiasaan sehari-hari yang menjadi rahasia di balik kesuksesan mereka. Corley juga telah membandingkan jawaban tersebut dengan tanggapan dari 128 individu berpenghasilan rendah, atau mereka yang berpenghasilan kotor kurang dari US$35.000 per tahun.

Berikut adalah kebiasaan para orang kaya yang disurvei Tom Corley:


1. Mereka bangun pagi

Hampir 50 persen dari miliuner bangun lebih awal setidaknya tiga jam sebelum memulai kerja. Banyak dari mereka menggunakan waktu luang tersebut untuk mengerjakan proyek pribadi, merencanakan hari mereka, atau meluangkan waktu untuk berolahraga.

"Bangun jam lima pagi untuk melakukan tiga hal teratas yang ingin Anda capai di hari tersebut memberikan kendali atas hidup Anda. Kebiasaan ini memberi rasa percaya diri bahwa Anda memang mengontrol hidup Anda sendiri," kata Tom.

Freedom Library (Wanti Puspa Gustiningsih)Perpustakaan Freedom berdiri sejak pertengahan tahun 2002. Berlokasi di Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav, B-1, RT.11/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Menteng, South Jakarta CityPerpustakaan Freedom buka Senin-Jumat pukul 09.00-16.30 WIB. Untuk Sabtu, Minggu, dan libur nasional perpustakaan tutup.Jika ingin berkunjung, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk atau ‘free’. Petugas hanya meminta untuk mengisi buku tamu. Perpustakaan Freedom memiliki sekitar 13 ribu koleksi buku mulai dari Filsafat, Agama, Sastra, Sejarah, Biografi, Ekonomi, dan Artikel.Sayangnya, tidak ada peminjaman buku di sana. Pengunjung hanya dapat membaca di tempat atau meng-copy buku dengan biaya Rp 200 per lembar.Persyaratan menjadi member, hanya mengisi formulir dan memberikan kartu identitas tanpa dikenakan biaya apapun. Jika kartu anggota hilang, akan dikenakan denda Rp 5 ribu sebagai biaya pembuatan kartu baru.Adapun fasilitas yang diberikan, di antaranya wifi gratis, sambungan listrik, Air Conditioner, foto copy, ruang meeting kapasitas 10 orang. Ruang meeting disediakan gratis bagi member perpustakaan, dan untuk perusahaan akan dikenakan biaya Rp 100 ribu per jam. (CNBC Indonesia/Wanti Puspa Gustiningsih)Foto: Perpustakaan Freedom di Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said (CNBC Indonesia/Wanti Puspa Gustiningsih)

2. Banyak membaca

Sebanyak 88 persen responden mengatakan bahwa mereka meluangkan 30 menit atau lebih setiap hari untuk pendidikan atau pengembangan diri dengan cara membaca. Kebanyakan orang super kaya tidak membaca untuk mencari hiburan, tapi mereka lebih suka biografi, sejarah, dan buku-buku pengembangan diri.

Investor legendaris dan miliarder Warren Buffett mengatakan bahwa membaca telah menjadi kebiasaan paling penting yang dia jalani. Jika Anda ingin membeli buku baru, lihat buku klasik bisnis yang disukai Buffett dan para pemimpin lainnya.

3. Mereka menghabiskan 15 hingga 30 menit setiap hari untuk fokus berpikir

Banyak orang super kaya yang diwawancarai Corley mengatakan bahwa mereka meluangkan waktu untuk memproses semua yang terjadi dalam hidup mereka.

"Orang kaya cenderung berpikir dalam kesendirian, di pagi hari dan setidaknya selama 15 menit setiap hari," tulisnya.

Seringkali mereka akan merenungkan karir mereka, kesehatan mereka dan hubungan pribadi mereka. Memiliki waktu tenang untuk menganalisis pikiran Anda dikaitkan dengan pengurangan stres.

Faktanya, meluangkan waktu dua menit di tempat kerja untuk tidak fokus pada apa pun selain pernapasan akan membantu Anda rileks, kata seorang dokter lulusan Harvard kepada CNBC.

Tidur sangat penting untuk kesuksesanTom Corley, perencana keuangan

4. Mereka menjadikan olahraga sebagai prioritas

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur menjernihkan pikiran dan membuat Anda merasa lebih termotivasi.

Menurut Corley, 76 persen responden surveinya meluangkan waktu 30 menit atau lebih untuk latihan aerobik seperti joging, bersepeda, atau berjalan kaki setiap hari. Banyak pemimpin di dunia bisnis hobi berolahraga. Miliarder Richard Branson, misalnya, mengatakan bahwa rutinitas paginya bangun jam 5 pagi untuk bermain tenis atau bersepeda. Kebiasaan tersebut membuat Branson lebih produktif. 

5. Mereka bergaul dengan orang-orang yang menginspirasi mereka

"Anda hanya sesukses mereka yang sering bergaul dengan Anda," kata Corley.

Jika Anda belum memiliki orang dengan motivasi tinggi di lingkaran pribadi Anda, jangan takut. Para miliuner dunia kerap menjadi sukarelawan, ini merupakan cara yang bagus untuk bertemu dengan individu lain yang positif dan menginspirasi.

Anda juga dapat bergabung dengan grup untuk orang-orang yang memiliki karier atau minat pribadi yang sama. Kemudian kembangkan hubungan dengan tetap terkoneksi dengan mereka.

6. Mereka mengejar tujuan sendiri

Sebagian besar orang superkaya yang sukses karena usahanya sendiri, bukan karena warisan, berencana untuk menjadi kaya dan kemudian mewujudkannya, demikian temuan penelitian Corley.

Sekitar 80 persen orang kaya terobsesi dengan mengejar tujuan. Mereka merujuk pada tujuan harian dan jangka panjang secara teratur.

"Saya di sini untuk memberitahu Anda untuk tidak mengikuti tujuan orang lain dan kemudian menghabiskan bertahun-tahun hidup Anda untuk mewujudkannya," kata Corley.

"Temukan tujuan Anda sendiri, impian Anda sendiri, dan kejarlah itu."

7. Mereka cukup tidur

Sebanyak 89 persen miliuner tidur 7-8 jam setiap malam atau lebih.

"Tidur sangat penting untuk kesuksesan," tulisnya, mengutip efeknya pada fungsi memori dan pemikiran kreatif.

8. Mereka memiliki banyak penghasilan

"Miliuner mandiri tidak bergantung pada satu sumber pendapatan tunggal. Mereka mengembangkan banyak sumber penghasilan," kata Corley.

Enam puluh lima persen memiliki setidaknya tiga aliran pendapatan yang mereka ciptakan sebelum menghasilkan satu juta dolar pertama mereka, seperti bisnis sampingan atau investasi yang menghasilkan pendapatan seperti REIT atau real estat.

"Diversifikasi sumber pendapatan memungkinkan Anda untuk mengatasi inflasi yang pasti terjadi," tulisnya.

9. Mereka menghindari pemborosan waktu

Uang bukan satu-satunya sumber daya penting bagi orang kaya. Waktu juga penting.

"Ketika kita menginvestasikan waktu kita dalam segala hal, waktu itu hilang selamanya," tulis Corley.

"Ketika Anda melihat waktu sebagai risiko terbesar, itu akan memaksa Anda untuk menjadi lebih sadar tentang bagaimana menginvestasikan waktu Anda," kata Corley.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kebiasaan Ini Bikin Susah Kaya, Jauhi Kalau Mau Sukses!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading