Negara Ini Mau Bagikan Vaksin untuk Atasi Kasus Cacar Monyet

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 May 2022 15:05
Ilustrasi cacar monyet (LightRocket via Gett/SOPA Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wabah cacar monyet (monkeypox) dengan cepat menyebar di banyak negara, persis seperti yang diprediksi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Kondisi yang mulai mengkhawatirkan ini membuat Pemerintah Denmark mengambil keputusan untuk segera membagikan vaksin cacar monyet. 

Menurut Otoritas Kesehatan Denmark, vaksin yang diproduksi oleh Bavarian Nordic (BAVA.CO) tersebut akan dibagikan pada mereka yang melakukan kontak erat dengan pasien cacar monyet.

"Otoritas Kesehatan akan memberikan vaksin kepada orang-orang yang kontak dekat dengan orang yang terinfeksi," kata direktur Bolette Soborg, dikutip dari Reuters, Rabu (25/5/2022).


"Vaksin akan diberikan setelah seseorang terpapar dengan yang terinfeksi, dan dimaksudkan untuk mengurangi risiko penyakit yang serius," tambah Soborg.

Meski demikian, belum jelas apakah Denmark memiliki stok vaksin yang cukup atau apakah pihak berwenang perlu mendapatkan vaksin. Otoritas Kesehatan dan Kementerian Kesehatan setempat belum bersedia berkomentar. 

Setidaknya, ada lebih dari 100 kasus cacar monyet yang diduga atau dikonfirmasi di Eropa dan Amerika Utara. Ini adalah kejadian luar biasa mengingat penyakit cacar monyet biasanya ditemukan di Afrika barat dan tengah, menurut WHO.

Denmark sendiri telah mencatat dua kasus infeksi cacar monyet saat ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Lho Hewan yang Diduga Menularkan Penyakit Cacar Monyet


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading