Waspada! Ini 3 Tahap Gejala Hepatitis Akut yang Serang Anak

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
23 May 2022 12:42
Ada Gejala Ini? Awas Bisa Jadi Hepatitis Misterius(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyakit hepatitis akut telah menjelma menjadi kekhawatiran baru, terutama di kalangan orang tua karena penyakit ini banyak menyerang anak-anak. Indonesia sendiri telah mencatatkan 6 kasus kematian yang diduga disebabkan penyakit hepatitis akut. 

Para ahli di seluruh dunia hingga kini masih meneliti asal-usul penyakit tersebut. Ada kemungkinan penyakit misterius ini dapat menular melalui udara.

"Diduga penyebarannya memang melalui pernapasan," kata Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Mohammad Syahril, beberapa waktu lalu. 


Tiga tahap gejala yang harus diwaspadai

Hepatitis akut bukan tipe penyakit yang tiba-tiba muncul dan langsung parah. Ada tiga tahap gejala yang akan dialami anak hingga penyakit ini benar-benar menuju ke tahap parah.

Tahap awal yakni saat anak mengalami sakit perut, mual, muntah hingga diare. Kemudian gejala lanjutan yakni saat anak mulai mengalami penyakit kuning yang biasanya dimulai dari mata yang menguning hingga ke seluruh tubuh. Dan terakhir adalah tahap lanjutan parah, biasanya pada tahapan ini kondisi anak sudah benar-benar memburuk.

"Tahap ini warna urine sudah seperti teh dan di feses ditemukan lendir putih. Pada tahap ini gejalanya sudah benar-benar memburuk," kata Syahril. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada! Diabetes Bisa Menyerang Usia Muda di Bawah 30 Tahun


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading