Ini Lho Hewan yang Diduga Menularkan Penyakit Cacar Monyet

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
23 May 2022 11:45
Anderson Cooper, Dr. Sanjay Gupta dan kru Planet dalam Bahaya mengeksplorasi bagaimana penyakit hewan, khususnya cacar monyet, bermigrasi ke populasi manusia. (Getty Images/Jeff Hutchens)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa penyakit monkeypox alias cacar monyet telah ditemukan di 12 negara. Badan tersebut menyebut bahwa ini adalah kasus luar biasa karena penyakit cacar monyet ditemukan di negara di mana virus bukan endemik. 

Cacar monyet sendiri adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox, bagian dari keluarga yang sama dengan cacar, meskipun biasanya tidak terlalu parah.

Umumnya terjadi di bagian terpencil Afrika Tengah dan Barat, virus pertama kali terdeteksi pada monyet penangkaran pada tahun 1958. Kasus pada manusia pertama tercatat pada tahun 1970.


Kasus di luar Afrika secara historis jarang terjadi, dan biasanya terkait dengan perjalanan internasional atau hewan impor.

Namun, selain monyet, ada hewan lain yang juga diduga ikut menularkan virus monkeypox. Sebelumnya pada 2003, Israel, Inggris, Singapura dan AS melaporkan 81 kasus cacar monyet terkait dengan hewan sejenis tupai yang terinfeksi oleh hewan impor.

Cacar monyet menyebar ketika seseorang melakukan kontak dekat dengan orang lain, hewan atau bahan yang terinfeksi virus. Virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang rusak, saluran pernafasan atau melalui mata, hidung dan mulut.

Penularan dari manusia ke manusia paling sering terjadi melalui percikan pernapasan, meskipun biasanya membutuhkan kontak tatap muka yang lama. Sementara itu, penularan dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui gigitan atau cakaran.

Monkeypox umumnya tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual, meskipun dapat ditularkan saat berhubungan seks.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Asal Usul Penyakit Cacar Monyet yang Kini Disorot WHO


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading