Covid Belum Usai, WHO Warning Soal Wabah Cacar Monyet

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 May 2022 15:30
Monkeypox (CDC Public Health Image Library)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 masih belum usai, namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengeluarkan peringatan terkait kasus monkeypox alias cacar monyet.

Monkeypox adalah kerabat penyakit cacar yang kurang menular dan kurang mematikan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, "Perbedaan utama antara gejala cacar dan cacar monyet adalah bahwa cacar monyet menyebabkan kelenjar getah bening membengkak sementara cacar biasa tidak."

Hewan pengerat, termasuk hewan yang dipelihara sebagai hewan peliharaan, dan monyet dapat membawa penyakit cacar monyet dan menularkannya ke manusia.


Sebagai upaya mitigasi penularan virus cacar monyet, WHO meminta masyarakat untuk tetap menerapkan kebiasaan hidup sehat seperti rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Selain itu, penting pula menjaga kebersihan tangan menggunakan sabun dan air atau pembersih berbasis alkohol," tegas WHO.

Disarankan juga untuk menghindari kontak fisik dekat dengan hewan yang bisa jadi inang virus cacar monyet yaitu hewan pengerat, primata, dan marsupial.

Kasus Monkeypox di Inggris

Dalam laporan terbaru Badan Keamanan dan Kesehatan Inggris mencatat ada tujuh kasus cacar monyet yang terdeteksi dalam sebulan terakhir. Namun, dari semua kasus, tidak ada pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke negara di mana Monkeypox menjadi endemik.

Kepala Penasehat Medis di UKHSA, dr Susan Hopkins mengatakan kondisi ini 'langka dan tak biasa'.

Bukti menunjukkan bahwa mungkin ada penularan virus Monkeypox di masyarakat yang menyebar melalui kontak erat. 

WHO menyampaikan bahwa sejak September 2018, Nigeria terus melaporkan penambahan kasus Monkeypox.

"Dari September 2017 hingga 30 April 2022, total 558 dugaan kasus telah dilaporkan dari 32 wilayah di negara itu. Dari jumlah tersebut, 241 kasus dikonfirmasi, di antaranya ada 8 kematian yang tercatat," kata WHO.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Lho Hewan yang Diduga Menularkan Penyakit Cacar Monyet


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading