Makan Sambil Main HP Bisa Bikin Perut Buncit, Kok Bisa?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 May 2022 11:20
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di era digital saat ini, banyak orang yang ketergantungan dengan smartphone. Ponsel pintar itu hampir selalu dalam genggaman dalam setiap kegiatan, termasuk saat makan. 

Padahal kebiasaan tersebut cenderung membuat seseorang makan dengan porsi yang lebih besar. Dampaknya? Berat badan pun jadi mudah naik.

Menurut studi yang dipublikasikan di Trends in Food Science & Technology, makan sambil melakukan hal-hal lain seperti bermain HP membuat sinyal yang dikirimkan perut ke otak jadi terganggu. Gangguan ini membuat Anda sulit konsentrasi karena otak akan kesulitan menyadari sebanyak apa makanan yang sudah masuk ke tubuh.


Selain itu, orang yang mendapat gangguan saat makan meningkatkan risiko mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dengan duduk dan fokus menikmati makanan. Berikan perhatian yang lebih pada makanan yang sedang Anda santap supaya berat badan tetap terjaga.

Paling tidak kunyah tiga suap sebelum sambil melakukan hal lain. Aktivitas tersebut dinamakan mindful eating, yang bisa membuat rasa puas besar saat makan. Ini tak hanya berlaku pada penggunaan HP saja tapi juga makan sambil menonton televisi, mendengarkan musik, serta bermain komputer.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Diet Usai Pesta Tahun Baru? Cek Tips dari Nutritionist Ini!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading