Cegah Hepatitis Akut, Jangan Renang & Main di Tempat Umum!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 May 2022 16:55
kolam renang Foto: Detikcom

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia kembali dikejutkan adanya penyakit mematikan, yakni hepatitis misterius. Pasalnya, sampai saat ini, kabar mengenai apa penyebab penyakit hepatitis misterius itu masih simpang siur dan belum diketahui.

Di Indonesia sendiri, dilaporkan sudah ada belasan anak yang terjangkit dan beberapa anak yang meninggal akibat hepatitis misterius. Memang penyakit ini rentan terhadap anak kecil.

Menanggapi hepatitis misterius ini, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengimbau warganya untuk menghindari berenang di tempat umum. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinkes Jatim Erwin Astha Triyono melalui keterangan resmi.


"Untuk sementara agar tidak berenang dulu di kolam renang umum, tidak bermain di playground serta hindari menyentuh hand railing, knop pintu, dinding dan lainnya yang sering dipegang orang," ujarnya yang dikutip Sabtu (5/5/2022).

Sebelumnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) meminta masyarakat untuk waspada sejak dini. Salah satunya dengan menjaga kebersihan dan menjaga protokol kesehatan terutama saat berada di tempat umum.

IDAI merinci beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah hepatitis akut misterius ini adalah:

- dengan mencuci tangan

- meminum air bersih yang matang

- makan makanan yang bersih dan matang penuh

- membuang tinja dan/atau popok sekali pakai pada tempatnya

- menggunakan alat makan sendiri-sendiri serta,

- memakai masker dan menjaga jarak.

"Agar mendeteksi secara dini jika menemukan anak-anak dengan gejala-gejala seperti kuning. mual/muntah, diare, nyeri perut, penurunan kesadaran/kejang, lesu, demam tinggi memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat," tulis IDAI.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Ini Perbedaan Hepatitis 'Misterius' dengan yang Biasa


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading