Hepatitis Misterius Sudah Masuk RI, Disebabkan Oleh Anjing?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 May 2022 15:05
Ada Gejala Ini? Awas Bisa Jadi Hepatitis Misterius(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan melaporkan ada 15 kasus yang diduga hepatitis misterius di Indonesia hingga Senin (9/5/2022). Asal-usul penyakit mematikan tersebut hingga kini belum diketahui secara pasti, namun sejumlah ahli di Inggris telah memulai penelitian untuk meneliti kaitan hepatitis misterius dengan anjing. 

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), seperti dikutip Sky News, menemukan bahwa banyak pasien berasal dari keluarga pemilik anjing atau memiliki paparan terhadap anjing. Sebanyak 64 dari 92 data yang tersedia juga menunjukkan ada paparan terhadap hewan peliharaan tersebut. 

"Temuan ini sedang dieksplorasi," kata UKHSA, sambil menambahkan bahwa hal tersebut bisa saja kebetulan karena "kepemilikan anjing peliharaan adalah hal biasa di Inggris."


Adapun gejala yang umum ditemukan pada pasien hepatitis misterius di Inggris adalah penyakit kuning dan muntah-muntah. Sebagian besar yang terjangkit adalah anak-anak. 

UKHSA menyebut bahwa virus umum yang disebut adenovirus mungkin menjadi biang kerok di balik lonjakan kasus hepatitis. Adenovirus merupakan virus yang paling sering terdeteksi pada sampel yang telah diuji.

Namun, kasus hepatitis setelah infeksi adenovirus pada anak-anak yang sebelumnya sehat sebenarnya sangat jarang terjadi. Karena itu, penyelidikan terus berlanjut ke faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi, termasuk infeksi COVID sebelumnya atau perubahan genom adenovirus itu sendiri.

"Kaitan dengan adenovirus masih diteliti dalam studi epidemiologi formal."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apakah Hepatitis Misterius Menular Pada Anak? Ini Kata Ahli


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading