Habis Liburan Panjang Kok Malah Stres, Apa yang Salah?

Lifestyle - tfa, CNBC Indonesia
07 May 2022 18:00
sunset

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah dua tahun tidak bisa mudik akibat pandemi Covid-19, tahun ini masyarakat Indonesia dapat kembali merasakan mudik Lebaran ke kampung halaman masing-masing.

Pemerintah sebelumnya juga telah memberikan cuti bersama sejak tanggal 29 April hingga 6 Mei, dan bahkan memberikan perpanjangan masa libur anak sekolah hingga 12 Mei mendatang.

Berlibur sendiri sangat penting untuk kesehatan mental yang baik, tetapi tidak sedikit orang yang merasa sulit untuk kembali bekerja setelah liburan.


Psikoterapis Ruairi Stewart (alias The Happy Whole Coach) menjelaskan fenomena ini sebagai kecemasan pasca-liburan. Menurutnya, bagi sebagian orang, pikiran untuk kembali ke lingkungan kerja yang sibuk yang membuat mereka lelah, stres dan cemas bisa menjadi luar biasa melelahkan.

"Beberapa orang dapat merasa sulit untuk sepenuhnya mematikan pola pikir kerja mereka untuk membiarkan diri mereka rileks, dan benar-benar dapat menjadi lebih cemas memikirkan pekerjaan yang belum selesai, apa yang mungkin menunggu mereka ketika mereka kembali, tagihan yang membutuhkan yang harus dibayar atau proyek yang membutuhkan masukan mereka agar dapat dilaksanakan dengan baik," kata Stewart, dikutip dari Stylist.co.uk.

"Beberapa orang bahkan mungkin merasa bersalah karena meluangkan waktu untuk diri mereka sendiri, percaya bahwa mereka tidak pantas mendapatkannya atau bahwa entah bagaimana egois bagi mereka untuk pergi ketika orang lain masih di tempat kerja."

Stewart mengatakan kecemasan berakar pada pemikiran berbasis rasa takut. Biasanya membuat seseorang merasa seperti situasi apa pun yang mereka fokuskan, ancaman yang dirasakan dari sesuatu yang salah. Ini berarti mereka tidak akan mampu mengatasi atau mengelola situasi.

"Untuk seseorang yang sedang berlibur, pikiran cemas tentang kembali bekerja benar-benar dapat menghilangkan kegembiraan dari sisa waktu mereka dan membuat mereka sibuk dan takut untuk kembali bekerja," tambahnya.

Lalu apa saja tanda-tanda umum kecemasan pasca-liburan?

- Pola tidur terganggu, sulit tidur
- Periode kekhawatiran dan pemikiran irasional yang berkepanjangan
- Perasaan gelisah dan mudah tersinggung
- Merasa tidak dapat berkonsentrasi
- Merasa gelisah
- Kelelahan atau kelelahan
- Mengobati diri sendiri dengan makanan yang menenangkan, alkohol, atau obat-obatan
- Merasa sakit di perut Anda ketika memikirkan pekerjaan
- Gemetar
- Mulut kering
- Berkeringat
- Jantung berdebar/berdebar.

"Jika Anda menyadari gejala-gejala ini, Anda dapat menggunakan beberapa strategi di bawah ini untuk mengurangi kecemasan Anda, serta memiliki pilihan untuk menghubungi seorang profesional jika diperlukan," tutupnya.

"Anda tidak perlu mengalami semua gejala ini sebelum melakukan sesuatu, tujuannya adalah untuk mengambil tindakan sebelum semuanya menjadi berlebihan," tukas Stewart.


[Gambas:Video CNBC]

(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading