Tak Hanya Bakpia, Ini Dia 10 Oleh-oleh Khas dari Yogyakarta

Lifestyle - linda hasibuan, CNBC Indonesia
04 May 2022 18:45
Wisata Yogyakarta (Ist/Travloka.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata paling favorit di Indonesia. Tidak hanya, lokasi wisatanya yang beragam, disana ada beragam oleh-oleh khas Yogyakarta yang sayang dilewatkan.

Berikut adalah oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib dibawa pulang:

1. Gudeg


Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang diolah dari nangka muda dengan santan dan disajikan bersama sambal goreng krecek. Makanan ini wajib dicoba saat Anda ke Yogyakarta.

2. Bakpia pathok

Ke Yogyakarta sangat wajib membawa buah tangan bakpia. Bakpia merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta yang terkenal dan melegenda. Kue ini sudah ada sejak 1948.

Di Yogyakarta ada banyak gerai bakpia yang populer, seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium, dan masih banyak lainnya.

3. Yangko

Yangko merupakan kue khas Yogyakarta yang tekstur dan rasanya mirip seperti mochi. Kue ini bisa menjadi pilihan jika Anda menyukai kudapan yang manis dan kenyal.

4. Geplak

Geplak merupakan makanan khas Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula. Bentuk kudapannya yakni bulat dan berwarna-warni.

Tak sulit menemukan geplak di Yogyakarta, karena hampir semua toko oleh-oleh menjualnya.

5. Keripik belut

Keripik belut juga bisa menjadi oleh-oleh jika ke Yogyakarta. Makanan ringan ini memiliki cita rasa yang renyah dan lezat.

Selain keripik, belut juga diolah menjadi beragam makanan lain seperti mangut welut, sego welut, sampai pepes welut.

Ilustrasi makanan Gudeng (wallpaperbetter)Foto: Ilustrasi makanan Gudeng (wallpaperbetter)
Ilustrasi makanan Gudeng (wallpaperbetter)

6. Walang

Makanan satu ini merupakan oleh-oleh khas dari salah satu kabupaten di Yogyakarta, yaitu Gunungkidul. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, rasa walang atau belalang goreng ini juga sangat gurih dan cocok dimakan dengan nasi hangat.

7. Tiwul

Tiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Di Yogyakarta, tiwul diolah menjadi kudapan manis atau dimasak seperti nasi.

8. Geblek

Geblek adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka dan dibumbui bawang gurih.

Biasanya geblek dinikmati bersama dengan tempe bacem atau lauk lainnya.

9. Wedang uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman herbal khas Yogyakarta. Wedang uwuh berisi berbagai rempah, seperti jahe, kayu manis, kapulaga, serai, gula batu hingga kayu secang. Wedang uwuh memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan sistem imun.

10. Peyek tumpuk

Oleh-oleh satu ini sangat populer sebagai jajanan khas Bantul. Dibandingkan dengan peyek pada umumnya, peyek tumpuk ini lebih tebal dan berisi.


[Gambas:Video CNBC]

(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading