6 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Sebelum Road Trip ke Jogja

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
18 February 2022 12:48
Peresmian Yogyakarta International Airport, Kulonprogo, 28 Agustus 2020. (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Melakukan perjalanan dengan tema road trip ke beberapa kota pasti menyenangkan. Salah satu destinasi road trip favorit banyak orang Indonesia adalah Jogja dan kota-kota lain di Jawa Tengah.

Mengingat perjalanan ini akan berlangsung cukup panjang, disarankan untuk menyimak beberapa hal di bawah ini agar persiapan berjalan dengan baik. Jadi Anda tidak akan mengalami masalah selama perjalanan.

Membuat Rencana Perjalanan yang Tepat

Perjalanan dengan metode ini biasanya membutuhkan waktu selama beberapa hari mulai dari awal hingga pulang. Karena perjalanan akan panjang, rencana yang harus dibuat benar-benar harus dirinci. Apalagi jika nantinya ingin menginap di villa di Jogja, maka harus disiapkan itenerary-nya.


Anda bisa memperinci mulai dari hari pertama hingga hari terakhir termasuk tempat wisata apa saja yang bisa digunakan sebagai alternatif. Intinya, Anda sudah memiliki panduan yang akan dijalankan begitu sudah sampai di Jogja atau Jawa Tengah.

Dengan membuat rencana perjalanan, maka peluang untuk mengalami kegagalan saat pelesir akan kecil. Walaupun nantinya ada perubahan, setidaknya masih ada panduan yang dipakai sebagai dasar perjalanan.

Menyiapkan Kendaraan

Satu hal penting ketika akan melakukan road trip adalah kendaraan yang akan dipakai. Disarankan untuk melakukan servis terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Kendaraan roda dua atau roda empat yang akan dipakai harus dilakukan tune up. Dengan melakukan ini, peluang terjadi mogok atau gangguan di tengah jalan akan rendah sehingga perjalanan tidak akan terganggu sama sekali.

Anda mungkin harus menyiapkan kendaraan sewa apabila tidak memiliki kendaraan pribadi. Dengan menyewa kendaraan sewa ketika sudah berada di lokasi akan memudahkan perjalanan.

Menyewa Akomodasi Terbaik

Karena perjalanan akan memakan waktu yang sangat lama, Anda butuh akomodasi yang akan memberikan kenyamanan dan untuk menghilangkan rasa lelah. Area Yogjakarta dan juga Jawa Tengah memiliki akomodasi yang menarik dan sangat beragam. Salah satunya The Lawu Park Resort.

Akomodasi yang nyaman akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua. Apalagi jika Anda melakukan perjalanan ini bersama dengan keluarga.

Menyiapkan Bujet Perjalanan

Anda juga harus menyiapkan budget perjalanan yang akan digunakan selama beberapa hari, mulai dari untuk membeli makanan hingga dipakai untuk keperluan mengisi bahan bakar.

Usahakan untuk memilih atau menyiapkan budget yang tepat. Jika memungkinkan, Anda bisa menyiapkan budget yang jumlahnya lebih besar sehingga apabila dalam kondisi darurat seperti sakit masih bisa dipakai.

Menyiapkan Kondisi Kesehatan

Perjalanan yang memakan waktu hingga beberapa hari rawan menyebabkan sakit. Itulah kenapa sebelum melakukan perjalanan siapkan kondisi kesehatan terlebih dahulu. Pastikan fisik sedang prima dan tidak sedang dalam kondisi sakit. Apabila kondisi kesehatan Anda tidak prima, lelah sedikit saja akan mudah sekali mengalami sakit.

Memilih Waktu yang Tepat

Persiapan terakhir yang harus dilakukan sebelum melakukan road trip ke kawasan Jogja dan Jawa Tengah adalah memilih waktu yang tepat. Perjalanan ini tidak akan selesai dalam waktu satu atau dua hari. Biasanya seseorang menghabiskan waktu hingga 4 sampai 5 hari.

Apabila ingin melakukan perjalanan ini bersama keluarga pastikan memilih waktu yang tepat. Misal dengan memilih akhir pekan yang sebelumnya sudah ditambah dengan cuti. Jadi perjalanan bisa lebih santai dan tidak tergesa-gesa.

Waktu yang cukup panjang akan memudahkan Anda untuk mengunjungi banyak destinasi wisata yang menarik, apalagi terkadang beberapa tempat wisata butuh waktu yang lama untuk didatangi.

Itulah kenapa sebelum melakukan perjalanan ini disarankan untuk melakukan riset sebanyak-banyaknya. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan bekal dan juga pakaian dalam jumlah yang tepat. Jadi selama perjalanan tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading