Muncul Tanda Ini? Awas, Bisa Jadi Gejala Hepatitis Misterius

Lifestyle - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
04 May 2022 18:00
Duh! Kemenkes Terbitkan Surat Waspada Hepatitis Misterius

Dalam beberapa kasus yang ditemukan, hepatitis misterius ini menimbulkan sindrom klinis berupa adanya peningkatan enzim hati. Banyak juga kasus yang melaporkan gejala sebagai berikut:

  • Penyakit kuning
  • Sakit perut
  • Diare
  • Urine dengan warna kecoklatan seperti air teh
  • Nyeri atau rasa tidak nyaman di perut
  • Mual dan muntah
  • Masalah perut
  • Warna feses pucat

Sebagian besar kasus yang dilaporkan tidak disertai dengan gejala demam. Salah satu bentuk pencegahan terhadap penularan adenovirus adalah rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan udara.

WHO menyarankan agar negara-negara anggota segera mengidentifikasi, menyelidiki dan melaporkan kasus-kasus infeksi yang masuk dalam kategori hepatitis misterius.


WHO juga merekomendasi dilakukannya pengujian darah, serum, urine, tinja, dan diambil sampel pernapasan, serta sampel biopsi hati (bila tersedia) harus dilakukan, dengan karakterisasi virus lebih lanjut termasuk pengurutan. Penyebab infeksi dan non-infeksi lainnya perlu diselidiki secara menyeluruh.

Berbeda dengan Covid-19, penyakit ini dikatakan tidak ada hubungan perjalanan antara anak-anak yang terkena dampak.

UKHSA kemudian memastikan bahwa hepatitis misterius ini tidak terkait vaksin Covid-19. Para ilmuwan dan dokter masih mempertimbangkan kemungkinan penyebab termasuk Covid-19, infeksi virus lain, dan faktor lingkungan.

Oleh karena itu, WHO tidak merekomendasikan pembatasan perjalanan dan/atau perdagangan dengan Inggris Raya, atau negara lain manapun tempat kasus diidentifikasi, berdasarkan informasi yang tersedia saat ini.


[Gambas:Video CNBC]

(Lidya Julita Sembiring/dem)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Apakah Hepatitis Misterius Menular Pada Anak? Ini Kata Ahli

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading