Bali Mau Deportasi Bule Kanada karena Menari Bugil di Gunung

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 April 2022 16:05
Bandara Ngurah Rai
foto : detikcom/Kurnia Yustiana

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktor Kanada Jeffrey Douglas Craigen yang menari telanjang di puncak Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli segera mendapatkan sanksi tegas. Craigen akan dideportasi dari pulau Bali setelah video dia menari telanjang di gunung suci itu menjadi viral.

Jeffrey Douglas Craigen memposting video dirinya melakukan Haka, tarian seremonial dalam budaya Maori Selandia Baru, sambil telanjang di atas Gunung Batur, yakni gunung berapi yang dianggap suci oleh masyarakat Bali.

Dia ditahan dan diinterogasi pada hari Senin (25/4) menyusul laporan dari pengguna media sosial yang menuduhnya tidak menghormati nilai-nilai agama Bali.


Craigen saat ini sedang menunggu deportasi tetapi pihak berwenang mengatakan maskapai penerbangan enggan membantu karena dia belum divaksinasi COVID-19.

"Maskapai penerbangan belum setuju (untuk mengangkutnya)," kata kepala kantor imigrasi Denpasar Tedy Riyandi, dikutip Kamis (28/4).

Masuk daftar hitam

Karena ulahnya, seorang pejabat imigrasi menyebut bahwa Craigen akan dimasukkan dalam daftar hitam yang membuat dia tidak bisa langi masuk Bali di masa mendatang. 

Menurut kepala kantor imigrasi Bali Jamaruli Manihuruk, Jeffrey Douglas Craign mendatangi Indonesia pada 2019 untuk berselancar dan menikmati keindahan alam di Bali. Selain itu ia juga mencari pengobatan alternatif terkait penyakit osteoporosis.

Menurut Jamaruli, bule Kanada itu mengakui bahwa video menari telanjang di Gunung Batur adalah dirinya. Pengambilan video dilakukan sekitar pertengahan April 2022. Dia tidak mengetahui bahwa gunung itu adalah tempat suci.

"Kepada semua orang asing yang berkunjung ke Bali, harap bertindak sesuai dengan menghormati hukum kami dan nilai-nilai budaya Bali," kata Manihuruk.

Ini bukan kali pertama Bali didatangi turis yang berperilaku buruk. Sebelumnya, pada tahun lalu, hampir 200 orang dideportasi dari Pulau Dewata, beberapa di antaranya karena melanggar protokol Covid-19.

Pada 2019, pasangan asal Republik Ceko dikecam oleh masyarakat setelah sebuah video menunjukkan wanita itu menertawakan sebuah kuil Bali sementara pasangannya menyiram bagian belakangnya dengan air suci. Mereka dihukum mengikuti ritual penyucian diri yang dipimpin oleh seorang pendeta Hindu.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Top! Greysia/Apriyani Masuk Semifinal BWF World Tour


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading