Terungkap! Alasan Tak Ada Sosok 'Ayah' di Kaleng Khong Guan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 April 2022 13:10
Kaleng biskuit khong guan

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu kue kaleng yang khas disajikan saat lebaran adalah biskuit Khong Guan. Biskuit ini menjadi ikon dan kudapan yang sering dihidangkan untuk tamu.

Di sisi lain, hal yang selalu menjadi perbincangan setiap hari raya adalah gambar yang menempel dalam kaleng Khong Guan. Tidak ada sosok ayah dalam gambar dan hanya ada ibu dan anak. Hilangnya sosok ayah dalam gambar tersebut bahkan kerap dijadikan meme bertema Lebaran. 

Untuk menjawab 'misteri' di balik gambar tersebut, kita perlu tahu dulu sosok pencipta gambar di kaleng Khong Guan. Di adalah Bernadus Prasodjo. Menurut Bernadus, tidak ada alasan khusus di balik ketiadaan sosok ayah di gambar kaleng biskuit tersebut.


Ia mengatakan, bahwa yang ingin ditonjolkan dalam gambar itu adalah sosok ibu. Ini bentuk strategi untuk mempengaruhi ibu rumah tangga agar membeli Khong Guan.

"Jadi yang penting ada ibunya di situ karena yang belanja ibunya kok," kata Bernadus.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pembuatan gambar di kaleng biskuit Khong Guan juga dilakukan melalui beberapa tahap. Awalnya ia membuat sketsa dulu, kemudian diajukan ke perusahaan dan setelah disetujui, baru dilukis gambarnya.

"Kita sketch dulu. Kira-kira seperti ini mau enggak. Sampai sudah setuju kira-kira komposisinya seperti itu, baru kita lukis," jelas Bernadus.

Sekedar informasi, meski populer di masyarakat lIndonesia, Khong Guan sendiri sebenarnya berasal dari Singapura. Pemiliknya pun merupakan imigran asal Fujian, China yakni adik Chew Choo Keng dan Chew Choo Han.

Di Indonesia, Khong Guan memproduksi beragam jenis rasa biskuit. Seperti biskuit Malkist rasa abon, Malkist Crackers, dan Khong Guan Saltcheese Combo. Namun, produk yang populer di Indonesia adalah Khong Guan Red Assorted Biscuits.

Uniknya, kaleng dari biskuit ini juga bisa digunakan kembali sebagai wadah jenis makanan, seperti rengginang, kerupuk dan lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading