Aduh, Harga Kerupuk Warung Naik Nih Habis Lebaran

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 April 2022 10:45
Pekerja beraktivitas di pabrik kerupuk Idris Jaya dikawasan Pasar Minggu, Kebagusan, Jakarta (13/4/2022). Tingginya harga minyak goreng memukul pengusaha yang bergantung pada minyak goreng, salah satunya pabrik kerupuk.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga kerupuk kaleng eceran di DKI Jakarta akan naik mulai 6 Mei 2022 mendatang. Harga yang semula Rp 1.000 kini menjadi Rp 2.000 per buah.

Juru Bicara Ikatan Pengusaha Kerupuk DKI Jakarta Kemah Mahmud mengatakan pihaknya terpaksa menaikkan harga kerupuk karena harga minyak goreng melonjak. Akibatnya, biaya produksi naik 100 persen.

"Kami sepaham mendeklarasikan kenaikan kerupuk setelah Lebaran dengan harga baru, yaitu Rp2.000 di warung-warung. Kami paham dengan kesulitan seperti ini, tapi pahami kami juga dengan keadaan seperti ini ya kami tidak bisa hidup kalau tidak menaikkan harga karena harus nombok berapa lagi, sudah hampir enam bulan," ucap Kemal, dikutip Rabu (20/4/2022).


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa keputusan ini cukup sulit. Namun, hal ini harus dilakukan demi bertahan hidup. Terlebih, harga bumbu dapur yang digunakan dalam pembuatan kerupuk juga ikut naik beberapa waktu terakhir, mulai dari bawang putih sampai garam.

"Kan bumbu-bumbu juga naik tuh seperti bawang putih, penyedap rasa, sampai garam yang sekecil pun naik semua. Jadi kan kalau mau hidup ya secara otomatis harus kami ambil keputusan pahit ini," jelas Kemal.

Ia mengatakan keputusan ini juga akan berpengaruh terhadap pendapatan bagi hasil dengan pedagang keliling dan pengecer di warung.

Seiring dengan kenaikan harga ini, isi kerupuk juga akan berkurang dari 35-40 per kelang menjadi 20-25 pc per kaleng

"Untuk membedakan untuk harga lama dengan harga baru, supaya konsumen nggak kaget. Tadi kami sepakat kira-kira 6 Mei sudah berlaku," pungkas Jarot.

Berita selengkapnya >>> di sini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bunda, Ini 6 Minyak Goreng Alternatif Pengganti Minyak Sawit


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading