50.000 Karpet Baru Lapisi Lantai Masjid Suci di Arab Saudi

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 April 2022 18:20
Wabah virus corona juga meneror kawasan Masjidil Haram. Kakbah sempat dikosongkan pada Kamis (5/3). (Dok: Haramain Info) Foto: Wabah virus corona juga meneror kawasan Masjidil Haram. Kakbah sempat dikosongkan pada Kamis (5/3). (Dok: Haramain Info)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dua masjid suci umat Islam, yakni Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, telah dilapisi 50.000 karpet baru untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan jamaah sepanjang tahun, terutama selama bulan puasa.

Mengutip Arab News, karpet yang dibuat di Arab Saudi tersebut punya kriteria dan spesifikasi teknis tertentu yang disesuaikan dengan ruang ibadah di Dua Masjid Suci serta kebutuhan peziarah.

Para pekerja membersihkan Masjidil Haram di kota suci Muslim Mekah. (AP/Amr Nabil)Foto: Para pekerja membersihkan Masjidil Haram di kota suci Muslim Mekah. (AP/Amr Nabil)
Para pekerja membersihkan Masjidil Haram di kota suci Muslim Mekah. (AP/Amr Nabil)

Direktur departemen pembersihan karpet di Masjidil Haram, Jaber Ahmed Al-Wada'ani, mengatakan bahwa karpet baru membutuhkan waktu 11 bulan untuk diproduksi. Karpet-karpet ini berkualitas tinggi dan mewah sehingga jamaah dapat melakukan sholat mereka dengan khusyuk dan tenang.

"Dulu, karpet Masjidil Haram Mekah diimpor dari Jerman, Belgia, dan Lebanon selama bertahun-tahun. Dari 1999 hingga 2000, impor karpet dihentikan dan batch pertama karpet didirikan di pabrik Mekkah," kata Wada'ani.

Ia menambahkan, departemen khusus yang mengurusi pembersihan karpet pertama kali dibentuk 43 tahun yang lalu untuk membersihkan, melakukan disinfeksi, mensanitasi, dan mengharumkan karpet dengan bantuan teknologi terbaru dan terbaik.

Sebanyak 14 batch pertama karpet Mekkah buatan Arab Saudi memiliki spesifikasi teknis yang sama. Mereka dibuat dengan nuansa warna merah. Kemudian, warna hijau mulai diadopsi dan ini menjadi warna standar untuk karpet di kedua masjid.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

6 Fakta Sumur Zamzam di Mekkah yang Jarang Diketahui


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading