Makan 7 Buah Ini Pas Sahur, Bisa Bikin Tak Lemas Saat Puasa

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 April 2022 13:55
Ilustrasi Pepaya. (Dok: Pixbay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjalani ibadah puasa tak hanya menyiapkan mental namun juga fisik. Lemas dan lesu sudah pasti menjadi masalah ketika 13 jam lebih berpuasa.

Untuk membuat tubuh tetap fit dan tidak lemas saat berpuasa, ternyata ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Berikut adalah paparannya:


1. Pepaya

Warna oranye kemerahan pada buah pepaya disebabkan oleh kandungan beta karoten dan likopen. Likopen merupakan salah satu antioksidan yang mampu menjaga kolesterol dan tekanan darah tetap sehat agar menjauhkan penyakit jantung. Pepaya bisa kamu jadikan pencuci mulut saat sahur maupun berbuka.

2. Alpukat

Tubuh membutuhkan lemak, dan alpukat kaya akan lemak yang sehat. Rutin mengonsumsi buah satu ini juga bisa membantu menyingkirkan lemak perut dan melindungi mata dan kulit. Alpukat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol 'jahat' dan menaikkan kadar kolesterol 'baik', cocok untuk teman berbuka.

3. Buah beri dan ceri

Buah beri dan ceri mengandung flavonoid dan antioksidan yang melindungi sel-sel sehat dari kerusakan. Buah beri dapat membantu otak menjadi lebih tajam, dan kandungan vitamin C bisa membentuk kolagen, protein yang membuat kulitmu kencang dan lembut. Selain sehat, tetap syantik saat puasa juga perlu,

4. Apel

Apel mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Kandungan pektin pada apel dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh.

Namun, mengingat zat gizi konsentrat pada buah apel terletak pada bagian bawah kulitnya. Akan lebih bermanfaat jika apel langsung dikonsumsi tanpa dikupas.

5. Pisang

Pisang memiliki sumber kalium yang sangat penting untuk menjaga fungsi sel di dalam tubuh. Khasiat ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf. Tak hanya itu, pisang juga kaya akan vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pektin yang dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi.

6. Jeruk

Mengonsumsi buah jeruk dapat meningkatkan kebugaran pada tubuh saat berpuasa. Nutrisi pada jeruk juga baik untuk menjaga tubuh agar tidak lemas selama berpuasa dan mampu melindungi tubuh dari infeksi penyakit.

7. Jambu biji

Jambu biji juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah yang berwarna merah muda ini tak hanya cocok dikonsumsi sebagai minuman jus atau dessert saat berbuka, melainkan bagus juga untuk sahur. Jambu biji mengandung kalium, lycopene, antikarsinogenik yang baik menjaga tubuh agar tetap bugar selama puasa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading