7 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Cobain Ya!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 April 2022 12:35
Ilustrasi bibir kering (Freepik) Foto: Ilustrasi bibir kering (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bibir kering dan pecah-pecah umumnya biasa terjadi saat seseorang berpuasa. Itu lantaran seluruh bagian tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan selama kurang lebih 13 jam. Masalah tersebut tentu membuat tidak nyaman karena bibir yang pecah bisa menimbulkan iritasi.

Berikut adalah cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa.

1. Menggunakan scrub bibir

Bibir yang kering saat berpuasa bisa diatasi dengan menggunakan scrub bibir atau dengan sikat gigi. Caranya, basahi bibir dengan air hangat dan gosok perlahan serta lembut bibir dengan sikat gigi. Ini bermanfaat untuk membuang kulit bibir yang kering dan mati.

2. Gunakan lip balm

Lip balm bisa digunakan untuk melepaskan kulit pada bibir yang kering. Jika sudah mengelupas, bibir akan membentuk kulit baru yang lebih sehat. Selain itu, lip balm juga bisa digunakan untuk mencegah bibir kering. Pilih lip balm yang mengandung minyak alami dan SPF. 

3. Kurangi konsumsi makanan pedas dan asin

Bibir kering saat berpuasa bisa dicegah dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang pedas dan asin, baik saat berbuka atau sahur. Makanan yang pedas dan asin ini bisa membuat Anda cepat merasakan haus yang berefek pada mulut dan bibir yang kering.

4. Hindari membasahi bibir dengan air liur

Saat bibir kering, seringkali orang-orang membasahinya dengan air liur. Justru membasahi dengan air liur bisa membuat bibir semakin cepat kering. Meskipun awalnya akan kembali terlihat segar dan lembab, tapi beberapa menit kemudian itu bibir akan jauh lebih kering dari sebelumnya.

5. Konsumsi madu

Madu merupakan bahan alami yang bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dengan cara dikonsumsi langsung, bisa juga dengan mengoleskannya ke bibir. Agar hasilnya lebih maksimal, oleskan madu saat sebelum tidur dan setelah makan sahur.

6. Perbanyak minum saat sahur

Selama berpuasa, asupan cairan dalam tubuh harus tetap tercukupi dengan baik. Jika cairan tubuh terpenuhi dengan baik, kulit dan bibir akan tetap lembab hingga jauh dari pecah-pecah.

7. Oleskan mentimun saat sahur dan berbuka

Mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sayuran ini juga kaya akan nutrisi lain seperti Vitamin C dan E. Kedua vitamin tersebut dapat digunakan untuk mencegah bibir kering ketika berpuasa.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tradisi Ramadan Unik di Dunia, dari Lebanon sampai Mesir


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading