Ternyata Rusia Juga Pakai Pawang Hujan saat Olimpiade

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
22 March 2022 20:24
Aksi pawang hujan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Minggu (20/3/2022). (Tangkapan Layar Youtube MotoGP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Obrolan seputar ajang balapan MotoGP di Mandalika, NTB, tidak hanya soal siapa pebalap yang menang, tapi juga soal aksi pawang hujan. 

Namun, jangan salah, profesi pawang hujan yang mengendalikan cuaca saat acara-acara penting tak cuma ada di Indonesia. Faktanya, sejumlah acara olahraga internasional seperti Olimpiade juga pernah 'diamankan' oleh pawang hujan. 

Menurut laporan NPR, penyelenggara Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi, Rusia, mendatangkan belasan dukun. Namun, bukan untuk mencegah hujan, dukun-dukun ini dipakai jasanya supaya mereka bisa mendatangkan salju. 


Namanya juga Olimpiade Musim Dingin, salju adalah elemen utama dalam sejumlah pertandingan seperti snowboarding dan ski. 

Tak cuma di Olimpiade Musim Dingin Rusia, menurut laporan The Times, ada seorang pawang hujan bernama Orazio yang mengamankan cuaca selama Olimpiade Rio 2016 di Brazil. 

Konon, pawang hujan yang satu ini sudah punya reputasi internasional karena pernah dipakai jasanya untuk mengamankan Royal Wedding keluarga Kerajaan Inggris hingga acara pertunjukan fesyen merek high-end Louis Vuitton di Côte d'Azur, Prancis. 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading