Simak Nih, Tips Sederhana Agar tidak Terkena Covid-19 (Lagi)

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 March 2022 18:50
Infografis/ Penelitian Terbaru, Gejala Omicron Ringan tapi...../Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Reinfeksi Covid-19 menjadi salah satu fenomena yang banyak ditemukan belakangan. Apalagi ditengah penularan virus Corona varian Omicron.

Lantas, apa tips dari praktisi kesehatan agar masyarakat tidak reinfeksi Covid-19?

Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI yang juga dokter spesialis di RSUP Persahabatan dr. Prasenohadi, Sp.P, KIC, Ph.D mengatakan, prinsip dasar adalah adalah tetap waspada dan jangan main-main dengan Covid-19, termasuk Omicron.

"Sekalipun gejala ringan tapi di rumah sakit pasien dengan gejala berat dan kritis tetap ada, terutama orang yang belum divaksin ditambah punya komorbid yang bisa memperberat segalanya," ujar dr. Prasenohadi dalam media briefing yang ditayangkan di kanal Youtube BNPB, Rabu (2/3/2022).

Ia melanjutkan vaksin Covid-19 dan booster memang diharapkan menjadi solusi untuk menghentikan pandemi Covid-19. Namun, upaya itu juga harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin oleh seluruh masyarakat, termasuk yang sudah divaksin, agar reinfeksi Covid-19 setelah vaksinasi dapat dicegah.

Tidak hanya itu, dr. Prasenohadi juga menyarankan agar masyarakat selalu mengenakan masker, terutama di tempat-tempat umum, di ruangan tertutup, atau di tempat yang ventilasinya buruk. Tidak ketinggalan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta kurangi mengonsumsi makanan dengan kandungan garam dan gula yang tinggi.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Flu Biasa, Tubuh Lemas Bisa Jadi Gejala Covid Omicron!


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading