Bisa Usir Bau Mulut, Deretan Makanan Ini Bikin Napas Segar

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 February 2022 18:10
Iliustrasi bau mulut. Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki nafas segar dan bebas dari bau mulut penting untuk membuat Anda merasa percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Ternyata, ada lho makanan yang bisa membasmi bakteri penyebab mau mulut.

Berikut adalah makanan yang dapat membantu Anda mendapatkan nafas segar dan terhindari dari bau mulut:

1. Apel


Buah apel mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, buah kaya karbohidrat itu juga dapat membantu menghilangkan plak yang ada di gigi. Memakan buah apel akan membantu mulut Anda untuk menghasilkan lebih banyak air liur yang sekaligus mencegah perkembangbiakan bakteri. Ini merupakan cara alami untuk melawan bau mulut dan membuat nafas menjadi segar.

2. Kayu Manis

Kayu manis biasanya digunakan sebagai bumbu penyebab di masakan. Ternyata manfaat kayu manis tidak hanya sekadar itu. Kayu manis juga bisa membuat nafas segar sehingga membuat Anda lebih percaya diri. Di dalam kayu manis terdapat kandungan berupa minyak esensial yang telah terbukti memiliki kemampuan melawan bau mulut dengan membunuh bakteri yang mungkin bersarang di dalam mulut. Manfaat tersebut juga telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan kayu manis dengan mencampurkannya ke dalam kopi, irisan apel atau dalam yogurt.

3. Mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan air dalam jumlah tinggi. Kandungan cairan dalam mentimun juga dapat mengatasi bau mulut dan membuat nafas segar. Itu karena air dalam mentium mencegah mulut kering. Selain itu timun dapat menyapu sisa makanan yang tidak diinginkan setelah selesai makan. Sama seperti buah apel, mengonsumsi mentimun dapat merangsang membantu produksi air liur untuk menghidrasi mulut.

4. Grapefruit

Bakteri dalam mulut merupakan salah satu penyebab nafas menjadi tak sedap. Untuk membasmi bakteri tersebut, Anda perlu mengasup vitamin C yang terkandung dalam buah grapefruit. Buah tersebut merupakan sumber vitamin C terbaik dari buah-buahan lainnya.

Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam buah grapefruit dapat membantu melawan penyakit gusi dan radang gusi yang juga menjadi penyebab nafas menjadi tak segar. Dengan mengonsumsi buah ini asupan vitamin C kamu juga akan tercukupi.

5. Yogurt

Makanan probiotik ini telah terbukti membantu mengurangi jumlah hidrogen-sulfida dan senyawa yang dapat menyebabkan bau pada mulut. Kandungan dalam yogurt dapat membasmi segala kemungkinan bakteri jahat yang bersarang.

Yogurt dapat menurunkan kadar bahan penyebab bau mulut, seperti hidrogen sufida yang ada di dalam mulut. Apalagi jika dikonsumsi dengan tambahan berupa buah-buahan segar, seperti apel, jeruk, strawberry dan lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

16 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap, Bikin Pede!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading