Sikat Gigi Tak Cukup, Begini Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 April 2022 12:10
Iliustrasi bau mulut. Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Masalah bau mulut acap kali mengganggu ketika menjalani ibadah puasa. Hal tersebut terjadi lantaran tubuh tidak makan dan minum selama berjam-jam sehingga membuat mulut menjadi kering dan memicu timbulnya bau yang kurang sedap.

Adanya bau mulut tentu membuat Anda tak percaya ketika berbicara dengan orang lain. Namun ada beberapa cara yang cukup mudah untuk mengatasi bau mulut selain menyikat gigi. Berikut paparannya:


1. Hindari minuman kafein

Usahakan untuk tidak minum minuman berkafein seperti teh dan kopi saat sahur. Pasalnya kedua jenis minuman ini memiliki efek diuretik yang bisa membuat mulut kering.

2. Sikat lidah

Menjaga kebersihan gigi dan mulut tidak hanya menggosok gigi. Anda juga perlu memastikan kebersihan lidah. Gunakan pembersih lidah untuk mengurangi bakteri dan menjaga mulut tetap sehat.

3. Hindari konsumsi makanan tinggi gula

Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi akan garam dan gula untuk menghindari dehidrasi saat sahur. Sebaiknya, konsumsi makanan yang bisa menghidrasi tubuh dengan baik sehingga terhindar dari mulut kering.

4. Hindari makanan penyebab bau mulut

Hindari makanan yang menimbulkan bau mulut, seperti bawang bombay, bawang putih, dan tuna kaleng. Sebab, hal itu dapat memicu bau naps tidak sedap.

5. Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsilah sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur. Beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air. Serta minum air putih yang cukup 8-10 gelas sehari saat buka dan sahur.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bisa Usir Bau Mulut, Deretan Makanan Ini Bikin Napas Segar


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading