Karir Seleb Rusia Terancam Tamat karena Protes Putin

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
25 February 2022 12:30
People walk by the entrance of Moscow State University building during heavy fog in Moscow, Russia November 2, 2021. REUTERS/Maxim Shemetov

Jakarta, CNBC Indonesia - Invasi Rusia ke Ukraina tidak hanya menuai kritik internasional. Kritik keras juga datang dari dalam negeri Rusia sendiri. Sejumlah selebritas dan pebisnis paling terkemuka di Rusia dilaporkan mengutuk Presiden Putin di media sosial.

"Hari ini terjadi sesuatu yang seharusnya tidak pernah terjadi. Sejarah akan menilai semuanya suatu hari nanti. Saya memohon kepada Anda untuk menghentikan aksi militer, [lebih baik] duduk bersama untuk bernegosiasi," kata bintang pop Rusia Valery Meladze dalam sebuah video yang dibagikan di Instagram.

Meski begitu, karir para selebritas Rusia terancam tamat karena telah memprotes kebijakan Putin. Mengutip Fortune, industri hiburan Rusia sebagian besar dikuasai oleh negara. Meskipun tidak ada selebriti yang menyebut nama Putin secara terang-terangan, protes para seleb dapat membuat mereka diblokir dari setiap eksposur di media pemerintah.


Beberapa tokoh seni dan budaya Rusia bahkan telah mengambil langkah ekstrem dengan berhenti dari pekerjaan mereka sebagai bentuk protes. Seperti yang dilakukan oleh Yelena Kovalskaya, Direktur Pusat Teater Meyerhold Rusia. Kovalskaya mengumumkan di halaman Facebook-nya pada Kamis (24/02/2022) bahwa dia akan segera mengundurkan diri.

"Saya tidak mau bekerja untuk seorang pembunuh dan menerima bayaran darinya," tulis Kovalskaya.

Sementara itu, sejumlah wartawan dan media Rusia juga dengan cepat menyatukan suara yang menentang invasi Rusia ke Ukraina. Elena Chernenko, seorang reporter dari surat kabar harian politik dan bisnis Kommersant, menginisasi petisi anti-perang yang telah ditandatangani oleh 100 jurnalis.

Semua bentuk protes tersebut diyakini akan membawa dampak buruk pada mereka. Sebab, pihak berwenang Rusia terbukti tak segan-segan menekan pihak yang berbeda pendapat. Ini sudah terjadi pada aktivis Marina Litvinovich yang mengunggah video di akun Instagram-nya untuk menyerukan agar orang-orang Rusia bergabung dengannya dalam protes di jalan-jalan Moskow. Dia ditahan oleh polisi di luar apartemennya pada Kamis malam.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Negaranya Mau Diserang, Shevchenko Ajak Warga Ukraina Bersatu


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading