Begini Cara Para Triliuner Menjadi Semakin Kaya di Tahun 2021

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 February 2022 18:30
Orang kaya versi Forbes

Jakarta, CNBC Indonesia - Krisis global yang disebabkan oleh pandemi nyatanya tidak banyak berpengaruh pada jumlah kekayaan para triliuner dunia. Faktanya, sejumlah laporan mengungkap bahwa orang-orang paling kaya di dunia justru makin kaya sejak pandemi.

Bos produsen mobil listrik Tesla, Elon Musk, dan pendiri perusahaan e-commerce Amazon, Jeff Bezos, masih menjadi "anggota tetap" di daftar orang terkaya dunia tahun 2021.

Lantas bagaimana cara para triliuner dunia ini bisa mengumpulkan kekayaan mereka di 2021? Berikut adalah sejumlah sektor industri paling menguntungkan yang berkontribusi pada peningkatan kekayaan triliuner dunia:


1. Makanan & Minuman

Sektor makanan dan minuman menghasilkan total 219 triliuner atau setara 8% dari keseluruhan daftar orang kaya dunia. Adapun orang terkaya dalam sektor ini adalah Zhong Shanshan dengan total kekayaan mencapai $68,9 miliar. Ia merupakan ketua perusahaan air minum dalam kemasan Nongfu Spring, serta mengendalikan Farmasi Biologi Beijing Wantai yang terdaftar secara publik.

2. Real Estate

Di Indonesia, sektor ini juga kembali naik daun dalam beberapa tahun belakang. Industri real estate berhasil menghasilkan 215 triliuner atau setara dengan 8% dari keseluruhan daftar orang-orang paling kaya dunia. Orang terkaya di bisnis ini adalah Lee Shau Kee dengan total kekayaan $31,7 miliar. Ia juga merupakan salah satu pendiri pengembang properti Sun Hung Kai. Sebelum itu, ia juga memulai Henderson Land Development pada tahun 1976, yang menjadi penyumbang sebagian besar sumber kekayaannya.

3. Kesehatan

Sektor kesehatan melambung hingga 221 triliuner atau setara dengan 8% dari keseluruhan daftar. Orang terkaya dalam sektor tersebut adalah Jiang Rensheng & keluarga dengan total kekayaan mencapai $24,4 miliar. Dia merupakan ketua perusahaan vaksin Chongqing ZFSW Biological Products, yang dikenal sebagai Zhifei. Perusahaan ini juga sedang mengembangkan vaksin tuberkulosis sendiri.

4. Teknologi

Jeff BezosFoto: Reuters
Jeff Bezos

Menghasilkan 365 triliuner atau setara 13% dari keseluruhan daftar orang kaya dunia. Orang terkaya dalam industri ini adalah Jeff Bezos dengan total kekayaan $177 miliar, Ia menjadi pendiri raksasa e-commerce Amazon. Orang terkaya di dunia tersebut juga memiliki Washington Post dan perusahaan luar angkasa Blue Origin.

5. Energi

Mencetak hingga 100 triliuner atau setara dengan 4% dari daftar keseluruhan. Orang terkaya dalam industri ini adalah Robin Zeng dengan total kekayaan hingga $28,4 miliar, Ia juga merupakan pendiri dan ketua pemasok baterai kendaraan listrik terkemuka, yaitu Contemporary Amperex Technology (CATL), BMW, Volkswagen dan Geely yang merupakan salah satu klien perusahaan mereka.

6. Diversified

Sektor ini menghasilkan 188 triliuner dunia. Orang terkaya sektor ini adalah Mukesh Ambani dengan total kekayaan hingga $84,5 miliar. Ia juga merupakan ketua Reliance Industries, yaitu perusahaan yang memegang kepentingan di petrokimia, minyak dan gas, ritel serta telekomunikasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Anti Rebahan! Berikut 8 Kebiasaan Para Triliuner


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading