Apakah Kaya Raya Bikin Hidup Bahagia? Begini Kata Bill Gates

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 February 2022 09:40
Gaya Blusukan Bill Gates di Wilayah Kumuh (Ist Facebook via DetikInet)

Jakarta, CNBC Indonesia - Triliuner dunia dan salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, pernah ditanya soal kehidupan pribadinya dan hal apa yang membuat dia paling bahagia. Ternyata, menjadi kaya raya bukanlah jawabannya. 

Bill Gates dengan percaya diri menjawab bahwa hal yang paling membuatnya bahagia adalah keluarganya. 

"Beberapa orang baru-baru ini mengatakan bahwa ketika anak-anak Anda baik-baik saja itu sangat istimewa. Dan sebagai orang tua, saya sepenuhnya setuju," ujar Gates seperti yang dilansir CNBC Make It.


Jawaban itu diberikan Gates saat berpartisipasi dalam acara Reddit Ask Me Anything (AMA) pada 2019. 

Dia dan Melinda Gates memiliki tiga anak, yakni Jennifer, Rory, dan Phoebe. Gates pun mengatakan bahwa anak-anaknya juga membuatnya menjadi rendah hati.

"Mereka tidak membuat saya seperti itu (sombong)," katanya di acara The New York Times DealBook.

Bersamaan dengan mengasuh anak, Gates mengatakan di Reddit AMA bahwa dia punya komitmen pada diri sendiri untuk melakukan hal-hal positif seperti melakukan lebih banyak olahraga untuk meningkatkan kebahagiaannya.

Pria yang saat ini berusia 66 tahun tersebut diketahui menyukai olahraga tenis. Dia juga memiliki ruang trampolin di rumahnya, yang katanya juga suka digunakan anak-anaknya untuk menyalurkan energi berlebih mereka.

Meski begitu, Gates tak memungkiri bahwa uang, dalam beberapa kasus, telah membuatnya lebih bahagia. Menjadi seorang miliuner telah memberinya berkah karena tidak harus memikirkan biaya kesehatan atau biaya kuliah, misalnya.

Memiliki kekayaan terbukti meningkatkan kepuasan hidup orang hanya sampai titik tertentu. Sebuah penelitian pada 2010 menemukan bahwa kekayaan berkorelasi dengan peningkatan kebahagiaan, tetapi tren itu berhenti ketika orang menghasilkan $75.000 per tahun.

Sementara itu, memiliki tujuan hidup dan mengejarnya dengan tekun telah terbukti meningkatkan kesejahteraan individu, karena ia memberikan makna hidup yang pada akhirnya mengarah pada perasaan bahagia ketika berhasil mencapainya. Dan penelitian juga menunjukkan hanya 10 menit berolahraga setiap hari bisa cukup untuk meningkatkan suasana hati orang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terungkap, Ini Kebiasaan Buruk Bill Gates Sebelum Sukses


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading