Waspada! Batuk & Gatal Tenggorokan Bisa Jadi Gejala Omicron

Lifestyle - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
29 January 2022 13:00
Infografis, Ini Gejala Covid-19 Varian Baru

Jakarta, CNBC Indonesia - Masih banyak masyarakat yang terkadang bingung mengenai gejala varian Omicron dari Covid-19 yang dikatakan mirip seperti flu biasa. Kecepatan penularan varian ini jelas makin berbahaya jika masih banyak orang menganggap bahwa gejala flu bukan menjadi tanda-tanda tertular virus.

Kepala Asosiasi Medis Afrika Selatan, dokter Angelique Coetzee, menyebutkan gejala Omicron sangat berbeda dari varian Delta. Ia menyebut, gejala Omicron, sangat mirip dengan gejala pilek atau flu.


Ia menyebut gejala Omicron memang sangat mirip dengan gejala pilek atau flu biasa. Ciri-ciri gejala varian Omicron yakni, sakit kepala, nyeri tubuh, dan tenggorokan gatal.

Hal ini juga didukung laporan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC), yang mengatakan mayoritas penderita Omicron mengalami gejala batuk kering disertai tenggorokan gatal, kemudian letih, hidung tersumbat. Namun bisa juga disusul demam, mual, napas pendek atau kesulitan bernafas serta diare.

Lebih lanjut, penelitian terbaru yang dipublikasikan di Inggris juga mengidentifikasi hal yang sama dengan lima gejala utama Omicron, yakni pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin-bersin, sakit tenggorokan.

Kasus dengan kehilangan penciuman sangat jarang. Hanya 8% pasien yang mengalami anosmia. Dalam penelitian di Afrika Selatan, sangat jarang alat bantu nafas dan oksigen digunakan untuk pasien Omicron.

Meski gejala Covid-19 Omicron terbilang ringan, angka penularan yang tinggi memicu kekhawatiran para ahli dan badan kesehatan dunia (WHO). Karena itu, para ahli beserta WHO tetap merekomendasikan penerapan protokol kesehatan yang ketat agar fasilitas kesehatan tidak dibanjiri pasien Covid.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Salah! Gak Demam Bukan Berarti Bebas Omicron


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading