Cuih! Negara Ini Punya Tradisi Meludah pada Pengantin Baru

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
26 January 2022 19:47
Couples attend a mass wedding at the city's municipal government building ahead of the 70th founding anniversary of People's Republic of China in Jiaxing, Zhejiang province, China September 22, 2019. REUTERS/Stringer ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.     TPX IMAGES OF THE DAY

Jakarta, CNBC Indonesia - Yunani punya salah satu tradisi pernikahan paling unik di dunia. Di zaman Yunani kuno, orang-orang kerap meludah ke pengantin wanita. Tradisi ini dilakukan karena masyarakat Yunani di zaman dulu percaya bahwa meludah dapat melindungi pengantin dari roh jahat di hari bahagianya. 

Meski begitu, meludah di sini hanya dilakukan simbolis, yaitu dengan melakukan gerakan seperti orang yang mau meludah saat pengantin memasuki altar pernikahan. "Cuih, cuih, cuih." Gerakan itu biasanya dilakukan tiga kali untuk membawa keberuntungan yang lebih besar pada pengantin. 

Mengutip The Culture Trip, tradisi meludah tidak hanya dilakukan di momen pernikahan, tapi juga di momen bersejarah lainnya seperti pembaptisan untuk memberkati bayi dengan kesehatan dan kecakapan. Tak hanya itu, meludah juga biasa dilakukan untuk mengusir roh jahat dalam kehidupan sehari-hari. 


Tradisi unik Yunani ini menjadi lebih terkenal karena film My Big Fat Greek yang tayang di tahun 2002. Dalam film tersebut ada satu adegan di mana pengantin diludahi tamu undangan untuk melindungi mereka dari pengaruh buruk yang dibawa roh jahat.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading