Mata Gatal Salah Satu Gejala Covid-19 Omicron? Ini Kata Ahli

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 January 2022 20:31
Tower 9 wisma atlet pademangan siap tampung pasien Covid-19. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia terus mencatatkan kenaikan kasus penularan Covid-19 varian Omicron. Gejala Omicron hampir mirip dengan flu biasa, yakni pilek, demam, batuk, dan sakit kepala.

Namun, ada beberapa gejala aneh yang dapat timbul saat seseorang terserang varian ini, salah satunya adalah gejala mata gatal dan berair.

Beberapa studi menyatakan bahwa varian Covid-19 sebelum Omicron memang menyebabkan konjungtivitis atau peradangan berupa mata gatal dan merah. American Academy of Ophtalmology, mengatakan bahwa kongjungtivitis bisa diikuti dengan gejala seperti mata kemerahan, gatal, mata berair, dan pandangan yang terganggu. Dari hal tersebut, para ahli menyatakan bahwa konjungtivitis atau mata gatal juga bisa muncul pada varian Omicron.


"Beberapa virus yang menyerang saluran pernapasan memang bisa mempengaruhi area mata," ungkap ahli penyakit menular dari Johns Hopkins Center, Amesh A. Adalja, M.D.

Dilaporkan bahwa gejala lain yang umum dirasakan penderita Covid-19 varian Omicron adalah mudah lelah. Efek samping ini dirasakan 65% penderita Covid-19 varian baru tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sering Abai, Ini Tanda Tubuh Sedang Terinfeksi Covid Omicron


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading