Sempat Jadi Rebutan, Benarkah Susu Ampuh Obati Infeksi Covid?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 January 2022 08:30
Ilustrasi Susu

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu lalu media sempat dihebohkan dengan pemberitaan sebuah merek susu yang diburu masyarakat. Sebagian masyarakat meyakini, susu tersebut bisa mencegah dan menyembuhkan Covid-19. Seperti apa faktanya?

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Zubairi Djoerban, menegaskan bahwa susu tersebut tidak bisa menyembuhkan COVID-19. Faktanya, pada umumnya semua susu jenis memiliki kandungan dan nilai gizi yang kurang lebih sama. Kecuali, susu kental manis yang dinilai memiliki protein rendah dan tinggi gula. 

Meskipun susu dapat menjadi bagian penting dari konsumsi variasi makanan sehat, klaim bahwa susu dapat mencegah atau menyembuhkan virus corona sama sekali tidak benar. Seperti diketahui, susu mengandung laktoferin dan vitamin D yang memang bermanfaat untuk penyintas Covid-19.


Laktoferin merupakan protein yang bisa ditemukan pada ASI dan susu sapi. Protein ini memiliki beberapa sifat antimikroba dan penelitian menunjukkan bahwa transfer laktoferin dari ibu ke bayi melalui ASI besar kemungkinan bisa meningkatkan sistem kekebalan bayi yang masih berkembang.

Meskipun susu mungkin tidak memberikan manfaat kekebalan spesifik untuk menangkal virus corona, susu dapat menjadi bagian dari diet sehat yang akan mengoptimalkan kesehatan dan kesiapan tubuh untuk melawan infeksi dalam bentuk apa pun.

Selain komponen yang sudah disebutkan sebelumnya, susu juga mengandung vitamin A yang membantu penglihatan dan kesehatan kulit, kalsium yang membantu menjaga kekuatan tulang dan membantu penyerapan vitamin D, vitamin B yang penting untuk metabolisme energi, serta beberapa mineral penting lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Muncul Covid-19 Varian Baru BA.2, Waspadai Gejala Ini


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading