Tanaman Tengkorak Asal Kalimantan Makin Hits, Harga Gokil!

Lifestyle - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
16 January 2022 16:00
Alocasia Cuprea , Keladi Tengkorak (Tokopedia/Sukurid)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki 2022, tanaman hias diprediksi masih akan booming meski ada sedikit penurunan pembeli.

Salah satu tanaman yang diminati adalah jenis keladi, yakni tengkorak silver. Bernama latin Alocasia Cuprea, keladi tengkorak memiliki ciri khas khusus yakni daun dengan semburat warna silver.

Keindahan semburat silver itu bakal semakin terlihat jika terkena sinar matahari. Tumbuhan hias asal Kalimantan ini meningkat sejak beberapa bulan terakhir dan harganya melonjak drastis.


Tanaman tengkorak silver ini biasanya berada di tebing-tebing yang tumbuh dari hutan Kalimantan Utara, tetapi juga ditemukan di wilayah Tropik dan Subtropik Asia, India, Cina sampai Papua. Tanaman ini juga banyak dipesan ada dari negara lain seperti Thailand.

keladi tengkorak (Ist Lazada.co)Foto: keladi tengkorak (Ist Lazada.co)

Tumbuhan ini hanya memerlukan matahari pagi, kelembaban sedang, ketinggian tempat 400-500 di atas permukaan laut dan ada sebagian kecil tumbuh 1.200 di atas permukaan laut. Media yang sesuai ialah lempung berpasir dalam keadaan lembab.

Harga yang dibanderol untuk tanaman ini cukup beragam, tergantung dari bentuk dan ukuran. Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia di marketplace, harga tersebut mulai dari Rp 500 ribu hingga tembus Rp 5 juta. Tanaman ini juga diprediksi semakin langka sehingga harga nya akan terus meningkat.

Keladi tengkorak ini sangat cocok menjadi pilihan untuk ditanam di rumah. Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan maupun dekorasi halaman. Tanaman hias ini juga dapat mentolerir cahaya redup. Meski begitu, yang terbaik untuk keladi tengkorak ini adalah terkena cahaya terang sinar matahari secara tidak langsung.

Adapun beberapa ciri dan jenis tumbuhan ini. Daun berkerut, warna daun tembaga mengkilap, tulang daun ungu, pelepah berwarna ungu tua. A.cuprea memiliki daun ovate dan petiolate di bagian tepi serta bertulang daun yang reticulate. Alocasia cuprea menghasilkan spathae yang tersusun secara soliter. Alocasia cuprea tumbuh baik di hutan tropik di bawah pohon yang teduh.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Hoax, Deretan Tanaman Bikin Udara Rumah Lebih Sejuk


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading