Simak! Ini Frekuensi Keramas yang Disarankan Ahli

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 January 2022 16:40
Ilustrasi Wanita (Photo by Valerie Elash on Unsplash) Foto: Ilustrasi (Photo by Valerie Elash on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak seperti bagian tubuh yang perlu dibersihkan setiap hari, rambut dan kulit kepala tidak dianjurkan untuk dicuci setiap hari. Faktanya, terlalu sering keramas justru bisa berdampak buruk pada kesehatan rambut. 

Jika Anda bertanya-tanya waktu keramas yang baik berapa kali, jawabannya adalah tidak ada aturan pasti kapan waktu keramas rambut yang tepat. Pasalnya, aturan mencuci rambut sebenarnya tergantung pada kondisi rambut dan aktivitas sehari-hari Anda. Namun, mengutip SehatQ, umumnya para ahli merekomendasikan tiap jenis rambut dapat keramas 2-3 kali dalam seminggu atau tiap dua hari sekali. 

Keramas sebenarnya baik karena dapat menghilangkan minyak yang menumpuk di kulit kepala yang membuat rambut lepek dan lengket. Namun, apabila dilakukan terlalu sering rambut bisa menjadi kering, rapuh, kulit kepala gatal, bahkan bisa menyebabkan kerontokan. 


Untuk alasan itu, para ahli kesehatan rambut tidak menyarankan Anda keramas setiap hari. Bahkan, untuk Anda yang sering berolahraga sekalipun, keramas tiap hari tidak direkomendasikan.

Namun, khusus bagi Anda yang sering menggunakan produk perawatan rambut tertentu, sangat direkomendasikan untuk sering-sering keramas. Pasalnya, penggunaan produk penata rambut, seperti hair spray, dapat membuat residunya menumpuk pada rambut dan kulit kepala. Jika dibiarkan atau tidak dibersihkan, dapat menyebabkan iritasi, ketombe, dan kerusakan rambut.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading