Hati-hati! Orang Stress Tumbuh Uban Lebih Cepat

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
09 January 2022 10:10
Ilustrasi Uban (Photo by cottonbro from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ungkapan "orang marah cepat tua" ternyata bukan sekadar bualan. Baru-baru ini, sebuah studi mengungkap bahwa stress bisa memicu tumbuhnya uban di rambut.

Mengutip Healthline, para peneliti dari Harvard University mengamati kortisol, yakni hormon stress yang melonjak di dalam tubuh ketika seseorang sedang dalam kondisi tertekan. Jika terjadi terus -menerus, melonjaknya hormon kortisol ini ternyata dapat memengaruhi sistem saraf simpatik. Saraf ini ada di seluruh tubuh, termasuk di folikel rambut.

Bahan kimia yang dilepaskan ketika seseorang sedang stress, khususnya norepinefron, menyebabkan sel induk penghasil pigmen warna rambut menjadi aktif sebelum waktunya. Karena dia dipaksa aktif sebelum waktunya, maka cadangan pigmen warna rambut menjadi cepat habis. Inilah yang menyebabkan munculnya uban di usia muda.


"Dampak merugikan dari stres yang kami temukan benar-benar di luar apa yang saya bayangkan," ujar Ya-Chieh Hsu, kata peneliti di Harvard.

"Hanya dalam beberapa hari, semua sel induk regenerasi pigmen hilang. Setelah hilang, Anda tidak dapat meregenerasi pigmen lagi. Kerusakannya permanen."

Tentu Anda tidak mau kan menua sebelum waktunya? Karena itu, kelola stress demi mencegah tumbuhnya uban di usia muda!


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading