Cek Kesehatan Jantung Pakai Cara Naik Tangga, Pernah Coba?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 January 2022 09:15
Ilustrasi sakit jantung akibat tersumbat pembuluh darah. (Istockphoto/wildpixel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jantung merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh yang wajib dijaga. Selain melakukan pemeriksaan jantung rutin di rumah sakit, ternyata ada cara yang lebih sederhana dan gratis untuk melakukan tes terhadap kemampuan dan kualitas fungsi jantung.

Menurut penelitian yang dipresentasikan oleh tim peneliti Spanyol pada pertemuan ilmiah European Society of Cardiology Desember 2020, menaiki empat anak tangga dalam waktu kurang dari satu menit menunjukkan bahwa jantung seseorang dalam kondisi merah jambu, artinya sehat. 

Jesús Peteiro, seorang ahli jantung di University Hospital a Coruña menjelaskan bahwa jika seseorang membutuhkan lebih dari satu setengah menit untuk menaiki empat anak tangga, itu berarti kesehatan jantungnya sedang tidak baik dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.


Sementara itu, studi lain yang dilakukan oleh beberapa kelompok peneliti dari University Hospital Coruña di Galicia juga mengungkapkan bahwa kemampuan menaiki tangga menunjukkan bahwa mereka dapat menjalani operasi yang lebih lancar dibandingkan dengan mereka yang tidak lulus tes.

Naik turun tangga adalah tes mudah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mendiagnosis kesehatan jantung Anda. Jika Anda gagal di dalamnya, maka jangan berkecil hati. Anda dapat berhati-hati dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan jantung seperti makan sehat dan berolahraga.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading