Mau Olahraga Pagi, Sebaiknya Sarapan Dulu atau Tidak?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
07 January 2022 19:14
Bicycle Crunch (Photo by Anna Shvets from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pernah bingung ketika olahraga pagi, sebaiknya sarapan dulu atau tidak? Kedua kegiatan tersebut, olahraga maupun sarapan, memiliki fungsi yang sama. Sama-sama untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sarapan berguna untuk memberikan energi tambahan untuk beraktivitas. Saat olahraga pun, badan membutuhkan kalori yang bisa dibakar untuk diubah menjadi energi. Ada beberapa orang yang kurang nyaman ketika berolahraga sebelum sarapan karena membuat tubuh lemas. Namun, kira-kira mana yang lebih baik ya?

Manfaat Olahraga Pagi Sebelum Sarapan

Beberapa studi menyatakan bahwa olahraga pagi sebelum sarapan aman untuk dilakukan. Penelitian yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition pada tahun 2013 menunjukkan bahwa olahraga sebelum sarapan mampu membakar lemak tubuh 20% lebih banyak.


Jika Anda melakukan olahraga untuk membakar lemak tubuh, maka tubuh harus memakai cadangan makanan berupa lemak, bukan membakar makanan yang baru Anda konsumsi. Pada dasarnya, tubuh menyimpan cadangan energi dalam bentuk lemak, walaupun di saat Anda belum makan.

Ketika Anda melakukan olahraga pagi di saat belum sarapan, tentu bisa membakar lebih banyak lemak. Karena Anda belum memiliki energi dari makanan yang dikonsumsi saat sarapan.

Lalu, apakah olahraga sebelum sarapan bisa meningkatkan rasa lapar berlebih?

Ada penelitian yang menyatakan bahwa olahraga pagi sebelum sarapan tidak akan meningkatkan rasa lapar sehingga Anda ingin mengonsumsi makanan yang berlebihan. Justru, ini akan membuat sesi olahraga pagi Anda menjadi lebih optimal. Pada saat melakukan olahraga pagi sebelum sarapan, akan terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan. Sehingga, kinerja tersebut akan membantu tubuh untuk menyesuaikan produksi hormon insulin.

Setelah selesai sesi olahraga dan Anda sarapan, hormon insulin akan bekerja lebih sensitif dan membantu penyerapan zat gizi makanan secara lebih baik. Hormon insulin akan bantu menyalurkan penyerapan zat gizi makanan ke otot dan hati.

Sama halnya dengan kinerja hormon pertumbuhan yang akan menjadi lebih baik ketika Anda berolahraga sebelum sarapan. Hormon ini akan bantu membentuk jaringan otot, membakar lemak dan meningkatkan kesehatan tulang serta ketahanan fisik.

Jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi tubuh setelah selesai berolahraga sebelum sarapan. Selain itu, tetap cukupi kebutuhan air minum sekitar setengah hingga satu liter yang dianjurkan dua atau tiga jam sebelum olahraga pagi.

Namun, Ada Juga yang Harus Sarapan Dulu Sebelum Olahraga!

Tidak semua orang bisa berolahraga pagi sebelum sarapan. Pasalnya semakin sedikit kalori yang ada pada sistem pencernaan, maka akan semakin banyak lemak yang dibakar ketika sedang olahraga pagi karena tubuh akan mengambil cadangan makanan dari lemak tubuh.

Ini mengapa olahraga pagi sebelum sarapan cocok dilakukan untuk orang-orang yang ingin membakar lemak lebih banyak. Namun, jika Anda melakukan olahraga rutin untuk meningkatkan kebugaran fisik, kekuatan dan kecepatan, tentunya Anda membutuhkan asupan makanan.

Melakukan olahraga dengan tujuan tersebut tanpa asupan makanan bisa membuat olahraga di pagi hari menjadi tidak terlalu efektif. Karena tubuh kita akan membutuhkan kalori untuk proses metabolisme. 

Khususnya pada penderita diabetes, lebih disarankan untuk melakukan olahraga pagi setelah sarapan. Karena mereka cenderung sering mengalami kekurangan kadar gula darah (hipoglikemia).

Jika kegiatan olahraga pagi dilakukan setelah sarapan, pastikan asupan sarapan Anda juga lebih terjaga. Pastikan Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat untuk memberikan asupan energi ke dalam tubuh.

Pilih jenis karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah, seperti roti gandum, buah-buahan atau sayuran agar metabolisme tubuh akan bekerja lebih optimal. Selain itu, pastikan protein yang dikonsumsi saat sarapan minim akan lemak jenuh. Sebab, makanan mengandung lemak jenuh yang tinggi lambat untuk dicerna dan bisa menghambat pengiriman darah kaya oksigen ke otot.

Lakukan olahraga pagi selang tiga jam setelah Anda sarapan makanan besar. Jika hanya mengonsumsi cemilan atau makanan ringan, berikan jeda sekitar satu jam sebelum berolahraga. Jika Anda hanya memiliki waktu sedikit (5-10 menit) silahkan konsumsi buah pisang atau apel dan minum cukup cairan sebelum berolahraga.

Mana yang Lebih Baik?

Olahraga sebelum sarapan maupun sesudah sarapan akan sama-sama membakar kalori dalam tubuh. Hal tersebut diungkapkan pada studi yang berjudul Effect of Overnight Fasted Exercise on Weight Loss and Body Composition yang diterbitkan di dalam Journal of Functional Morphology and Kinesiology.

Dapat disimpulkan, jika tujuan olahraga pagi Anda adalah untuk penurunan berat badan, baiknya memang dilakukan sebelum sarapan agar lemak dalam tubuh bisa terbakar secara maksimal. Sebaliknya, jika olahraga dilakukan untuk intensitas otot tubuh, tentu Anda harus mempertimbangkan untuk sarapan sebelumnya. Karena karbohidrat akan membantu meningkatkan intensitas dan durasi olahraga, sehingga massa otot nantinya akan terbentuk lebih baik.

Pilihan untuk olahraga dulu atau sarapan terlebih dahulu sangat bergantung dengan kondisi tubuh dan tujuan masing-masing individu.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading