5 Rempah di Dapur yang Bisa Hilangkan Lemak Perut, Ajaib!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 January 2022 09:30
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rempah-rempah atau bumbu dapur tidak hanya bisa membuat masakan lezat, tapi juga menyimpan banyak khasiat kesehatan. Beberapa rempah-rempah bahkan disebut bisa membantu memangkas berat badan dan lemak di perut. Apa saja?

1. Lada hitam

Lada hitam memiliki kandungan senyawa piperin yang memberikan rasa panas di lidah. Rempah ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah peradangan dan perut.

Penelitian pada hewan menemukan bahwa piperin mungkin juga memiliki kemampuan yang sangat besar untuk mengganggu pembentukan sel lemak baru yang disebut adipogenesis. Adipogenesis ini dapat mengakibatkan penurunan ukuran pinggang, lemak tubuh, dan kadar kolesterol.


2. Kunyit

Bumbu dapur yang memiliki warna kuning khas satu ini tak hanya ampuh untuk kecantikan kulit, tetapi juga mampu membakar lemak dalam tubuh. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-obesitas. Sejumlah penelitian menyebutkan kandungan kurkumin dalam kunyit bermanfaat menurunkan berat badan.

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang dikenal sangat baik bagi kesehatan. Tanaman satu ini bisa menjadi obat herbal untuk sejumlah gangguan sistem pencernaan.

Tak cuma itu, konsumsi jahe juga direkomendasikan bagi mereka yang sedang menjalani diet. Sejumlah studi menunjukkan kalau rempah ini mampu menekan nafsu makan sehingga bisa membantu Anda untuk mencapai target berat badan ideal. 

4. Kayu Manis

Kayu manis mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol dan terbukti dapat mengubah komposisi tubuh serta meningkatkan sensitivitas insulin. Rempah-rempah klasik ini telah terbukti mampu menyeimbangkan gula darah, membantu mengendalikan nafsu makan dan juga membuat rasa kenyang lebih lama. Penambahan kayu manis pada makanan dipercaya dapat mengurangi penumpukan lemak di perut.

5. Cabai rawit

Tak hanya menciptakan rasa pedas, cabai rawit juga mampu meningkatkan suhu tubuh serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan setelah dicampur dengan rempah lainnya, cabai rawit dapat membantu membakar sekitar 100 kalori untuk setiap makanan. Capsaicin, senyawa yang memberi rasa yang kuat pada cabai telah terbukti dapat mengurangi lemak perut, menekan nafsu makan, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar makanan sebagai energi (thermogenesis).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, konsumsi capsaicin setiap hari bisa membantu menghilangkan lemak perut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Turunkan Berat Badan Bisa Kurangi Risiko Covid-19, Benarkah?


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading